4 Tips yang Perlu Anda Ketahui Ketika Melakukan Tes Psikotes Online

2 min read

4 Tips yang Perlu Anda Ketahui Ketika Melakukan Tes Psikotes Online

Ketika melakukan proses tahapan rekrutmen, biasanya para kandidat akan melakukan beberapa tahapan terlebih dahulu sebelum diterima oleh perusahaan, salah satunya adalah tes psikotes.

 

Tujuan dilakukannya tes psikotes sendiri adalah untuk mengetahui kemampuan para kandidat dalam menalar, memecahkan masalah, hingga mengukur tingkat kecerdasan yang mereka miliki.

 

Saat ini sendiri, sudah terdapat beberapa tes psikotes online yang dapat digunakan oleh para calon karyawan sebelum melakukan tes yang sesungguhnya.

 

Untuk mengetahui tips apa saja yang diperlukan ketika melakukan tes psikotes online, simak penjelasan artikel berikut sampai tuntas ya!

 

Manfaat Tes Psikotes Online dalam Rekrutmen

Pada dasarnya, tes psikotes online yang dilakukan oleh perusahaan dapat memberikan beberapa manfaat pada perusahaan itu sendiri dalam proses rekrutmen, di antaranya adalah sebagai berikut.

Mengetahui Potensi Kandidat

Manfaat tes psikotes yang pertama adalah untuk mengetahui serta menggali potensi yang dimiliki oleh kandidat. Melalui cara ini, perusahaan dapat mengetahui apakah potensi yang dimiliki oleh calon karyawan sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Jika terdapat kandidat yang sudah memenuhi standar perusahaan, maka selanjutnya mereka dapat bersaing dengan calon kandidat lainnya.

Alat Ukur Tingkat Kecerdasan Kandidat

Dalam lingkup pekerjaan, biasanya akan terdapat beberapa posisi atau jabatan di perusahaan yang mengharuskan para calon karyawan untuk memiliki intelegensi tertentu.

 

Dengan melakukan psikotes online, maka perusahaan dapat menggunakan hal ini sebagai alat ukur intelegensi dari kandidat karyawan.

Untuk Membaca Kepribadian Kandidat

Seperti yang Anda ketahui, kepribadian adalah salah satu tolak ukur yang penting bagi karyawan dalam dunia pekerjaan. Jika kepribadian yang dimiliki oleh seorang calon karyawan buruk, maka perusahaan tidak akan segan untuk menolak calon karyawan tersebut.

 

Keberadaan psikotes ini menjadi salah satu hal yang penting karena dapat membaca gambaran kepribadian seseorang secara umum.

 

Dalam proses rekrutmen, tentu seorang HR perusahaan akan membutuhkan beberapa proses sampai akhirnya menemukan seseorang yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Untuk mempermudah proses rekrutmen, perusahaan dapat menggunakan software HRIS yang dapat memberikan banyak kemudahan dalam melakukan kegiatan administrasi perusahaan, termasuk proses rekrutmen karyawan.

 

4 Tips Ketika Melakukan Tes Psikotes Online

Sebelum melakukan tes psikotes, Anda dapat melakukan latihan terlebih dahulu melalui beberapa platform psikotes online yang tersedia di internet.

 

Adapun beberapa tips yang dapat Anda gunakan ketika melakukan tes psikotes online, di antaranya adalah sebagai berikut.

Memilih Platform Berbasis Cloud

Cloud merupakan fitur yang perlu dipertimbangkan ketika Anda memilih situs psikotes online. Cloud atau penyimpanan daring juga dapat membuat proses pemindahan data-data menjadi lebih efisien. Penggunaan cloud juga dinilai ramah dengan penggunanya.

 

Maka dari itu, disarankan bagi Anda untuk memilih platform yang berbasis cloud untuk memudahkan Anda dalam menyimpan.

Memerhatikan Penyedia Jenis Tes Psikotes Online

Selanjutnya adalah dengan memerhatikan jenis tes yang disediakan. Biasanya, tes psikotes akan memiliki jenis tes yang beragam, dalam hal ini, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan dalam memilih tes psikotes untuk calon karyawan yang baru.

Memerhatikan Kemudahan Akses Data

Sebelum memulai latihan dengan tes psikotes online, Anda harus memerhatikan terlebih dahulu situs yang akan digunakan memiliki kemudahan akses data atau tidak.

 

Karena hal ini dapat memengaruhi kenyamanan dalam proses registrasi pada saat psikotes secara online. Pilihlah platform yang memudahkan Anda dalam registrasi psikotes.

Memerhatikan Tingkat Kecanggihan Situs

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan memerhatikan tingkat kecanggihan situs yang akan Anda gunakan. Dalam hal ini, Anda dapat memilih situs yang memiliki tingkat akurasi dan kecepatan penilaian yang cepat dan objektif.

 

Nantinya, hal ini akan mempermudah Anda dalam pengerjaan tes psikotes menjadi lebih efisien.

 

Itulah beberapa informasi mengenai tips ketika melakukan tes psikotes online yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

 

 

Info Viral Tentang 4 Tips yang Perlu Anda Ketahui Ketika Melakukan Tes Psikotes OnlineSebelumnya Sudah Tayang di LENSAPATI(*)com