Acara Haul Waliyullah Syeh Ronggo Kusumo Ngemplak Kidul

2 min read

Acara Haul Waliyullah Syeh Ronggo Kusumo Ngemplak Kidul

Penulis : Imam Muhlis Ali

Setelah satu bulan kemarin pada tanggal 10 Syuro diperingati haul Waliyullah Syeh Ahmad Mutamakin Kajen, kali ini tanggal 10 Shofar atau Muharam diperingati haul Waliyullah Syeh Ronggo Kusumo desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Haul adalah peringatan wafatnya seseorang yang biasanya diadakan setahun sekali dengan tujuan utama untuk mendoakan ahli kubur agar semua amal beserta ibadah yang dilakukannya dapat diterima oleh Allah SWT.

Dalam rangka memperingati haul Waliyullah Syeh Ronggo Kusumo desa Ngemplak Kidul, seperti biasa masyarakat menyelenggarakan berbagai acara keagamaan baik menjelang haul maupun sesudahnya. Berikut daftar acara dalam rangka memperingati haul beliau yang dilaksanakan di makam beliau Waliyullah Syeh Ronggo Kusumo Ngemplak Kidul :
1. Mudarosah Tahtimul qur’an bil ghoib oleh ibu-ibu hafidzoh lokal desa
2. Mudarosah tahtimul qur’an dilanjutkan siangnya walimah tahtimul qur’an oleh bapak-bapak hufadz.
3. Tahtimul qur’an bin nadhor oleh masyarakat yang mendapat undangan dalam bentuk juz-juzan Al-qur’an.
4. Tahlil muqoddimah
5. Buka / lelang selambu makam
6. Tahlil haul
7. Manaqib

Rentetan acara memperingati haul Waliyullah diikuti oleh masyarakat desa dan luar desa. Seperti di acara mudarosah tahtimul qur’an bil ghoib dan bin nadhot banyak yang dari luar desa bahkan kabupaten. Salah satu peserta acara dari Pamotan, Lasem Kabupaten Rembang mengatakan senang dengan diikut sertakan di haul Mbah Ronggo Ngemplak Kidul. “Saya senang dan berharap dapat berkah di acara haul ini”, tutur pria berusia 50an yang tidak mau disebutkan namanya. Begitupun juga sub acara haul yakni tahtimul qur’an bin nadhor yang biasanya dilaksanakan pada malam ba’da maghrib, pada sore hari menjelang maghrib sudah banyak rombongan dari luar desa dan ada dari luar kabupaten yang tiba di makam.

Di acara tahlil haul juga banyak diikuti masyarakat lokal. Mulai dari kalangan santri maupun umum. Karena memang ini sudah menjadi tradisi islam ahlussunnah wal jama’ah.

Buka selambu di makam Waliyullah maupun ulama’ menjadi salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu masyarakat. Disamping sebagai cara untuk mendapatkan barokah dari selambu makam kekasih Allah, juga ini sebagai perwujudan rasa cinta pada tokoh panutan masyarakat. Biasanya setelah buka selambu ini diadakan lelang pada tamu yang hadir di makam.

Puncak rentetan acara peringatan haul adalah manaqib. Dimana para zairin dan zairot yang hadir mendengarkan seksama manaqib yang dibacakan oleh seorang kyai atau sesepuh yang ditunjuk panitia. Manaqib ini adalah manaqib Sulthonul auliya’ Syeh Abdul Qodir Al jailani. Yakni upaya untuk menuturkan atau membacakan kisah kebajikan dari beliau, Syeh Abdul Qodir Al Jailani agar menjadi teladan umat islam.

Biasanya yang hadir dalam acara manaqib ini adalah warga lokal dan malah tidak sedikit dari luar daerah. Pelaksanaannya ba’da isya’, namun ba’da maghrib sudah banyak yang duduk di serambi makam. Mereka mengharapkan barokah dari manaqib ini. Oleh-olehnya adalah nasi dan sepotong ayam serta air do’a manaqib.

Semoga dengan mengikuti acara haul Waliyullah Syeh Ronggo Kusumo maupun Waliyullah lainnya, kita semua mendapat keberkahan hidup dan Allah memberi rahmat pada kita. Amin Ya Rabbal Alamin.

Source Of Acara Haul Waliyullah Syeh Ronggo Kusumo Ngemplak Kidul From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *