Amankan Aset Pemkab, Diskominfo Pati Lakukan Pentest untuk Perangkat Daerah

1 min read

Amankan Aset Pemkab, Diskominfo Pati Lakukan Pentest untuk Perangkat Daerah

Amankan Aset Pemkab, Diskominfo Pati Lakukan Pentest untuk Perangkat Daerah

PATI, PATINEWS.COM

Informasi jaringan internet adalah asset yang sangat penting dalam keberlangsungan organisasi termasuk organisasi pemerintah.

Dalam rangka mengamankan aset Pemerintah Kabupaten Pati, ditemui di kantor, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pati melalui Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi, Sali menjelaskan sesuai tugas dan fungsinya, pada Bulan Agustus 2021 telah melaksanakan Penetration Testing (Pentest) pada dua Website Organisasi Pemerintah Daerah (OPD).

Penetration Testing adalah suatu kegiatan dimana seseorang mencoba mensimulasikan serangan yang bisa dilakukan terhadap jaringan organisasi / perusahaan tertentu untuk menemukan kelemahan yang ada pada sistem jaringan tersebut. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut penetration tester (disingkat pentester). Penetration Testing mempunyai standar resmi sebagai acuan dalam pelaksanaannya.

Tujuan dari pentest adalah mencoba meng-evaluasi keamanan sistem komputer melalui simulasi penyerangan terhadap target dengan menggunakan malicious source (program jahat) sekaligus untuk menemukan kelemahan yang ada pada sistem jaringan tersebut Metode Pentest yang digunakan adalah dengan menggunakan metode blackbox.

Dinas Komunikasi dan Informatika Pati melakukan pentest sebagai pihak luar OPD yang bersangkutan, dan berusaha mengeksploitasi kelemahan pada website sasaran. Kegiatan Pentest dibatasi pada satu metode yakni pada website dan aplikasi web yang dapat diakses dari luar.

Hasil yang didapat dari kegiatan tersebut menunjukkan keamanan pada website OPD sasaran sudah cukup baik tetapi masih terdapat kelemahan pada website OPD.

Menindak-lanjuti temuan ini Dinas Kominfo Kabupaten Pati merekomendasikan perbaikan dan peningkatan keamanan pada aset-aset OPD Pati yang telah tercantum pada surat laporan pentest OPD bulan Agustus 2021 dimana OPD sasaran diberi tembusan surat.

(*)

Source Of Amankan Aset Pemkab, Diskominfo Pati Lakukan Pentest untuk Perangkat Daerah From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *