Buka Selambu Makam Waliyullah Syeh Ronggo Kusumo dan Prosesi Lelang

1 min read

Buka Selambu Makam Waliyullah Syeh Ronggo Kusumo dan Prosesi Lelang

Buka Selambu Makam Waliyullah Syeh Ronggo Kusumo Dan Prosesi Lelang

Penulis : Imam Muhlis Ali*

Salah satu rangkaian acara haul Waliyullah Syeh Ronggo Kusumo desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati adalah buka selambu dan lelang selambu atau luwur serta pernak-pernik makam beliau.

Buka selambu lelang selambu atau luwur makam maksudnya mengganti luwur lama dengan yang baru dalam setahun sekali. Biasanya saat memperingati haul tokoh, ulama’ dan Waliyullah.

Buka selambu atau luwur makam Mbah Ronggo Kusumo ini di ikuti berbagai lapisan masyarakat sekitar. Bahkan ada yang dari luar daerah. Harapannya yakni mendapat keberkahan dari Waliyullah. Ini merupakan rasa cinta pada Waliyullah.

Prosesnya adalah petugas makam membuka luwur atau semua yang melingkupi makam mulai kain penutup batu nisan, tali batu nisan sampai selambu luar dengan segala hiasan pernak-perniknya. Setelah itu di ganti dengan baru. Maka kain luwur lama (setahun) di lelang pada masyarakat yang sudah berada di area komplek makam.

Alhamdulillah prosesi buka selambu atau luwur makam beserta lelangnya berjalan lancar. Hasil lelang selambu makam di haul 10 Shofar 1443 H atau bertepatan 17 September 2021 ini tercatat Rp 137. 343.000,- (Seratus Tiga Puluh Tujuh Juta Tiga Ratus Empat Puluh Tiga Ribu Rupiah).

Selanjutnta nominal hasil lelang tersebut di umumkan pada masyarakat. Bagi yang mendapat barang lelangan semoga mendapat keberkahan. Amin.

*Anggota Pengurus LDNU Kecamatan Margoyoso

Source Of Buka Selambu Makam Waliyullah Syeh Ronggo Kusumo dan Prosesi Lelang From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *