Cara Membuat Jamur Crispy

2 min read

Resep Nugget Jamur Tiram, Cocok untuk si Kecil Belajar Makan Sayuran

Resep Nugget Jamur Tiram, Cocok untuk si Kecil Belajar Makan Sayuran

Makanan yang murah dan lezat tentu menjadi idaman setiap orang. Sayangnya kebanyakan makanan yang lezat seperti daging tidak ramah di kantong masyarakat. Salah satu solusi pengganti daging yang terbaik adalah jamur, selain lezat harga jamur juga murah dan sangat mudah didapat.

 

Jamur juga banyak mengandung gizi seperti protein dan vitamin B. Karena itu kalian sudah tidak perlu ragu lagi untuk memakan jamur. Tetapi jamur jika tidak diolah dengan baik dan benar akan membuatnya menjadi tidak enak. Jamur yang enak tentu membutuhkan proses memasak yang panjang. Tapi teman-teman tidak perlu khawatir ada solusi untuk memasak jamur yang tidak ribet tapi tetap enak, jadikan saja jamur teman-teman menjadi jamur crispy. Rasa yang gurih dan lezat serta tekstur kriuk dijamin buat kalian ketagihan makan jamur. Berikut rangkuman cara membuat jamur crispy yang gurih dan lezat :

  1. Pilih bahan jamur bagus dan benar segar

Hal pertama yang dapat kalian lakukan saat membuat jamur crispy adalah menentukan jamurnya. Jamur yang paling tepat digunakan adalah jamur tiram, tapi teman-teman jangan asal pilih ya. Pilih jamur yang benar-benar segar, dengan begitu saat digoreng jamur tidak terlalu menyerap minyak sehingga membuat tekstur jamur benar-benar crispy. Jamur yang segar terlihat tidak layu dengan warna putih yang bersih.

  1. Siapkan bumbu

Untuk membuat jamur crispy yang lezat tentu kuncinya adalah bumbu. Bumbu yang wajib teman-teman pakai cukup sederhana yaitu garam, merica bubuk, bawang putih yang dihaluskan dan kaldu bubuk. Dengan bahan dasar tersebut sudah cukup untuk membuat jamur crispy kalian benar-benar gurih jadi jangan tambah bahan lain yang akan merusak rasa.

  1. Jangan cuci jamur, cuci bersih saja bahan-bahan lain.

Ini merupakan hal yang penting jika teman-teman ingin jamur benar-benar crispy. Jangan cuci jamur kalian cukup dilap dengan tisu kering hingga bersih. Jamur adalah salah satu bahan yang sangat mudah menyerap air sehingga berpengaruh pada tekstur. Jamur yang dicuci dengan air apalagi dengan direndam akan membuat jamur menjadi lembek.

  1. Siapkan tepung pencelup

Kunci dari jamur yang crispy adalah pemilihan tepungnya. Tidak semua tepung membuat adonan menjadi kriuk, bisa jadi kalau teman-teman salah memilih tepung akan membuat jamur crispy keras atau alot bisa juga menjadi lembek. Pilihlah tepung terigu protein tinggi sebagai dasar tepung pencelup, selain itu teman-teman juga dapat menambahkan tepung maizena agar jamur lebih renyah dan gurih.

  1. Tambah baking soda

Selain menambahkan tepung maizena teman-teman juga dapat menambahkan baking soda pada tepung pencelup. Sifat baking soda yang aktif dalam kondisi panas akan menimbulkan gelembung, sehingga membuat jamur menjadi tambah crispy. Jangan lupa juga untuk memasukan bumbu yang telah halus dalam adonan tepung pencelup.

  1. Siapkan tepung pelapis

Teknik agar jamur menjadi crispy tidak hanya pada tepung pencelup. Pada dasarnya jamur crispy memang dimasak dengan dua adonan tepung yaitu tepung kering atau tepung basah. Tepung kering ini biasanya disebut dengan tepung pelapis. Kalian dapat menggunakan tepung berprotein sedang agar tidak terlalu lengket. Selain itu kalian juga dapat menggunakan tepung maizena dan juga tepung beras.

  1. Goreng adonan sampai matang

Setelah semuanya siap masukkan jamur ke tepung pencelup terlebih dahulu campurkan hingga rata kemudian masukkan ke tepung pelapis dan goreng. Pastikan teman -teman mengoreng dengan tingkat kematangan yang pas sampai kecoklatan.

Seperti itulah cara membuat jamur crispy. Sangat mudah dan enak sekali untuk dimakan bersama anak-anak.

Source Of Cara Membuat Jamur Crispy From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *