Doa Para Nabi dan Rasul Yang Diabadikan Di Dalam Al Quran

2 min read

Doa merupakan senjata orang Islam dan merupakan bentuk ikhtiar manusia untuk memohon sesuatu kepada Allah Azza wa Jalla. Doa menjadi kunci meminta pertolongan saat menghadapi cobaan. Doa juga menjadi salah satu penyebab terkabulnya suatu keinginan.

Memang berdoa bisa menggunakan bahasa dan kata-kata sesuai dengan keinginan. Namun, kita juga bisa berdoa yang dicontohkan oleh para Nabi dan Rasul. Dimana, doa-doa ini bisa anda temukan di dalam Al Quran. Berikut beberapa doa para Nabi dan Rasul yang ada di dalam Al Quran :

  1. Doa Nabi Ibrahim

Ada banyak doa-doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim ‘alaihis salam yang diabadikan di Allah di dalam AL Quran. Nabi yang disebut bapaknya para Nabi ini merupakan tokoh di balik pembangunan Ka’bah (Baitullah) bersama anaknya, Ismail. Berikut salah satu doa Nabi Ibrahim ‘alaihis salam :

Artinya : “Ya Tuhan kami, hanya kepada-Mu kami berserah diri, dan kepada-Mu kami bertaubat dan hanya kepada-Mu kami kembali. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikanlah kami (sasaran) fitnah bagi orang-orang kafir. Dan ampunilah kami, Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.” (QS. Al-Mumtahanah : 4-5).

  1. Doa Nabi Yunus

Dalam berdakwah para Nabi selalu menghadapi berbagai cobaan yang cukup berat. Begitupun dengan Nabi Yunus, ia mendapat cobaan ditelan ikan paus besar. Selama berada di dalam perut ikan paus tersebut, Nabi Yunus tidak henti-hentinya memanjatkan doa kepada Allah Subhana wa Ta’ala.

Doa inilah yang kemudian dikenal sebagai doa Nabi Yunus atau Dzun Nuun. Nabi Yunus tidak henti-hentinya berdoa kepada Allah Ta’ala agar menyelamatkannya dari perut ikan paus.

Adapun doa Nabi Yunus sebagai berikut :

Artinya : “Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Anbiya : 87).

  1. Doa Nabi Hud

Doa Nabi Hud ini menunjukkan kepatuhan dan ketundukannya kepada kuasa Allah Subhana wa Ta’ala. Nabi Hud mengajarkan bahwa semua makhluk yang bergerak, ataupun yang diam, itu semua atas izin Allah Azza wa Jalla.

Artinya : “Sesungguhnya aku bertawakal kepada Allah Tuhanku Tuhanmu. Tidak satupun makhluk bergerak yang bernyawa melainkan Dialah yang memegang ubun-ubunnya (menguasainya). Sungguh, Tuhanku di jalan yang lurus.” (QS. Hud : 56).

  1. Doa Nabi Luth

Ada doa Nabi Luth yang bisa diamalkan oleh kita selaku umat Muslim. Doa ini merupakan doa perlindungan atas dirinya dan keluarganya.

 

Artinya : “Ya Tuhanku selamatkanlah aku dan keluargaku dari yang mereka perbuat.” (QS. As-Syua’ara’ : 169).

  1. Doa Nabi Yusuf

Nabi Yusuf terkenal dengan wajahnya yang tampan dan kecerdasannya. Ada sebuah doa Nabi Yusuf yang diabadikan Allah Subhana wa Ta’ala di dalam Al Quran.

Artinya : “Wahai Tuhan, Pencipta langit dan bumi, Engkaulah pelindungku di dunia dan akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang sholeh.” (QS. Yusuf : 101).

  1. Doa Nabi Syuaib

Dalam doa ini, Nabi Syuaib mengatakan kepada kaumnya bahwa pengetahuan Allah Ta’ala meliputi segala sesuatu. Salah satu doa beliau panjatkan adalah meminta untuk dimudahkan memantapkan hati di jalan yang benar.

Artinya : “Pengetahuan Tuhan kami meliputi segala seuatu. Hanya kepada Allah kamu bertawakal. Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak. Engkaulah pemberi keputusan terbaik.” (QS. Al-A’raf : 89).

  1. Doa Nabi Musa

Musa merupakan seorang Nabi yang diutus untuk Bani Israel. Nabi Musa diperintahkan Allah untuk mendakwahi Firaun raja zholim dan membebaskan Bani Israel dari kekuasaan Firaun. Beikut doa Nabi Musa saat hendak mendakwahi Firaun :

Artinya : “Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuanku dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.” *QS. Thaha : 22-28).

Source Of Doa Para Nabi dan Rasul Yang Diabadikan Di Dalam Al Quran From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *