Ini Upaya Mahasiswa KKN UNS Dalam Menjaga Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

1 min read

Ini Upaya Mahasiswa KKN UNS Dalam Menjaga Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

Ini Upaya Mahasiswa KKN UNS Dalam Menjaga Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

PATINEWS.COM, MARGOREJO 

Lebih dari 1,5 tahun Indonesia berjuang dalam melawan Pandemi COVID-19. Tidak hanya Indonesia yang diterpa Pandemi COVID-19, namun seluruh negara. Dalam skala nasional, berbagai aspek kehidupan masyarakat terdampak karena Pandemi COVID-19 ini, tidak terkecuali ketahanan pangan masyarakat.

Berbagai upaya dilakukan agar kehidupan masyarakat dapat lebih terkendali. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menanam berbagai macam sayuran bersama para mahasswa KKN UNS Kelompok 108 dan para anggota KWT (Kelompok Wanita Tani).

Hal ini dilakukan bersamaan dengan pemberian edukasi tentang upaya meminimalkan pengeluaran dengan menghasilkan pangan pokok secara mandiri.

Upaya ini diharapkan dapat memberikan dukungan dalam upaya ketahanan suplai pangan di Dusun Bretek, Dadirejo, Margorejo, Pati. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada lahan bengkok khusus yang digunakan oleh para anggota KWT.

“Edukasi yang diberikan terkait ketahanan pangan yang diberikan oleh para mahasiswa KKN UNS, khususnya bagi kami, para anggota KWT di Dusun Bretek, diharapkan dapat berkelanjutan dan sebagai pelopor kepada para warga Dusun lainnya yang ada di Desa Dadirejo” ujar Ibu Suminah, Ketua KWT Dusun Bretek.

Pelaksanaan diawali dengan penyerahan bibit, benih, pupuk, dsb. kepada anggota KWT oleh mahasiswa KKN UNS 108 pada tanggal 17 Agustus 2021 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia. Keesokan harinya tanggal 18 Agustus 2021, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman benih dan bibit di lahan yang sudah ditentukan.

Bibit dan benih yang ditanam adalah cabai, tomat, terong, pakcoi, sawi dan kangkung.
Tujuan dari diadakannya penanaman ini adalah untuk memberikan edukasi dan sosialisasi tentang ketahanan pangan masyarakat, menjaga ketahanan pangan rumah tangga warga Dususn Bretek, serta meminimalisasi pengeluaran kebutuhan rumah tangga masyarakat.

Kegiatan ini disambut baik oleh ibu-ibu KWT karena selama Pandemi COVID-19 kegiatan dari KWT sendiri berhenti. Dengan adanya kegiatan bersama dengan mahasiswa KKN UNS Kelompok 108, kegiatan KWT mulai hidup dan kembali aktif.

Selama sosialisasi dan penanaman, semua kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan handsanitizer sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan.

Penulis : KKN UNS Kelompok 108

Source Of Ini Upaya Mahasiswa KKN UNS Dalam Menjaga Ketahanan Pangan di Masa Pandemi From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *