Ivermectin, Obat yang Mengalahkan Covid-19

1 min read

Kepala Staf Presiden RI Moeldoko foto bersama President PT Harsen Laboratories, Sofia Koswara (tengah) dan Dubes Indonesia untuk RRC, Djauhari Oratmangun.

Di tengah melonjaknya angka positif Covid-19, kabar baik berhembus dari India mengenai obat bernama Ivermectin yang dijuluki “obat yang mengalahkan Covid-19”. Obat ini sekarang telah diproduksi di Indonesia.

Di India, Ivermectin berhasil menurunkan jumlah kematian hingga 25 persen, dan dapat memangkas jumlah orang yang terinfeksi hingga 80 persen di negara itu. Kabar baik itu disampaikan langsung Presiden PT Harsen Laboratories, Sofia Koswara, Minggu (6/6) petang.

“Hanya tiga pekan setelah menambahkan Ivermectin di New Delhi, kasus terinfeksi yang memuncak 28,395 orang pada 20 April lalu turun secara drastis menjadi 6.430 orang pada 15 Mei. Kematian juga turun sekitar 25 persen pada bulan yang sama,” katanya.

Tidak hanya di India, lanjut Sofia, Ivermectin juga telah berhasil menurunkan angka kasus penyebaran virus corona di sejumlah negara lain, seperti Slovakia, Mexico, Peru dan negara lain. Manfaat dari ivermectin juga sudah banyak dirasakan Indonesia sejak September 2020 lalu.

“Hasilnya sangat bagus. Dan saat ini Ivermectin sudah mulai di produksi di Indonesia untuk memperkuat perlawanan terhadap pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat, Ivermectin juga akan dibagikan kepada daerah yang saat ini terdampak Covid-19 paling parah, salah satunya Kudus,”Secepatnya Ivermectin akan dibagikan kepada warga Kudus,” ujarnya.

Sementara Dr. Budhi Antariksa PhD. Sp. P (K), ahli paru dari Persatuan Dokter Paru Indonesia ( PDPI ) mengatakan, pemerintah Indonesia sudah berupaya semaksimal mungkin untuk menanggulangi wabah ini. Mulai dari menyediakan obat-obatan hingga memberikan pelayanan kesehatan bagi warganya.

“Obat yang berpotensi mampu melawan virus corona juga dipersiapkan,” kata Budi yang juga pimpinan uji klinis Ivermectin dengan Balitbangkes, Kemenkes di RS Persahabatan dan RS Sulianti.

Soal Ivermectin, Budi menjelaskan, obat yang diproduksi PT Harsen Laboratories ini, merupakan obat minum yang memiliki potensi menghambat pembelahan atau anti replikasi virus. Selain itu, memiliki kemampuan sebagai anti peradangan. Namun, pemberian Ivermectin dilakukan dengan tetap memberikan obat standar penanggulangan Covid-19.

“Dalam waktu Dekat, Ivermectin akan diberikan kepada warga Kudus sebagai obat terapi virus Covid-19 dan obat pencegahan. Tetapi, selama pandemi tetap memiliki kewajiban menerapkan perilaku 5M,” tutupnya. (han)

Jokowi : Bekerjasama untuk Masa Depan Berkelanjutan

lensapati.com INFO NASIONAL – Pada tanggal 17 Desember 2023, Presiden Joko Widodo atau yang dimaksud akrab disapa Jokowi, memainkan peran sentral pada Forum Derajat...
admin
1 min read

KKP Perkuat Peran Komunitas Hukum Adat

lensapati.com INFO NASIONAL – Kementerian Kelautan juga Perikanan (KKP) terus menguatkan kelembagaan Publik Hukum Adat (MHA) guna membantu kebijakan pemerintah di pengelolaan wilayah pesisir...
admin
1 min read

KPU Pastikan Tak Ada Perubahan Format Debat Cawapres dari…

lensapati.com Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU Hasyim Asy’ari meyakinkan debat cawapres pada Jumat, 22 Desember 2023, tak akan berubah dari format...
admin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *