Jawab Keraguan Masyarakat Tentang Vaksinasi Covid-19, KKN Himawari Gelar Dialog Online

1 min read

Kelompok 6 KKN MDR Himawari Institut Pesantren Mathali’ul Falah menggelaracara DALGONA (Dialog Online Asyik) secara daring pada Jumat, 3 September 2021. Acara ini dilaksanakan melalui platform Google Meet dan juga disiarkan langsung di Facebook KKN MDR Himawari ini mengusung tema “Fakta PentingVaksinasi Covid-19″ dengan narasumber Dr. Ling. Ahmad Qosim, Amd. KL.SKM.MT selaku ketua Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kabupaten Pati.

“Acara DALGONA ini bertujuan untuk menjawab kegelisahan masyarakat tentang vaksinasi Covid-19 yang banyak mengundang pro kontra dalam pelaksanaannya, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat menggiring opini positif serta meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah,” ujar koordinator kelompok 6 KKN MDR Himawari, Amalia Nazihah.

DALGONA ini berlangsung sekitar 100 menit dan diikuti lebih dari 50 partisipan, yang di mulai dari sambutan Dosen Pembimbing Lapangan kelompok 6 KKN MDR Himawari, Ibu Kamilia Hamidah, MA dan dilanjutkan acara inti yaitu penyampaian materi dan diskusi oleh narasumber.

Vaksinasi meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu antigen (virus dan kuman), dengan cara memberikan antigen tersebut, sehingga bila terpajan dengan antigen yang sama, sudah mempunyai zat kekebalan spesifik. Tujuannya untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu pada seseorang, masyarakat/populasi, bahkan melenyapkan penyakit tertentu dari dunia.

Herd Immunitya dalah kekebalan kelompok yang dapat dicapai melalui dua cara, yakni Herd Immunity alami dan Herd Immunity buatan (vaksinasi). Dalam kasus pandemi Covid-19, untuk mencapai Herd Immunity perlu dilakukan vaksinasi Covid-19 pada sekitar 70% kelompok sasaran. Tetapi tidak cukup dengan itu saja, untuk keluar dari pandemi ini, menjaga protokol kesehatan 5M juga harus dijalankan.

“Memberikan edukasi kepada masyarakat merupakan bentuk peran kita semua untuk membantu jalannya serapan vaksinasi Covid-19 untuk mewujudkan Herd Immunity. Orang yang sudah vaksin tidak menjamin 100% terlindungi dari Covid-19 yang terus bermutasi, perlunya diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, pesan Dr. Ahmad Qosim.

Pandemi mengajarkan kita untuk senantiasa disiplin menjaga kesehatan agar kita semua bisa hidup berdampingan dengan Covid-19. Selain itu, kita harus senantiasa bersyukur atas kesempatan hidup yang masih diberikan Tuhan kepada kita semua, sehingga kita tetap bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan nyaman. Manusia harus bermanfaat bagi lingkungan sekitar, mari saling menjaga.

Source Of Jawab Keraguan Masyarakat Tentang Vaksinasi Covid-19, KKN Himawari Gelar Dialog Online From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *