Kader MSI Dilibatkan Dinkes Kudus Dalam Penanggulangan TBC

1 min read

Staff Program Mentari Sehat Indonesia (MSI) Kudus (Kiri) bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Andini Aridewi melakukan komitmen bersama dalam penanggulangan kontak erat TBC
Staff Program Mentari Sehat Indonesia (MSI) Kudus (Kiri) bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Andini Aridewi melakukan komitmen bersama dalam penanggulangan kontak erat TBC

lensaPati.com, KUDUS – Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus memiliki inisiasi Rancangan Aksi Daerah (RAD) dalam penanggulangan penyakit Tuberkulosis (TBC) yang juga melibatkan puluhan Kader Mentari Sehat Indonesia (MSI).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Andini Aridewi mengatakan, hal itu dilakukan sebagai wujud implementasi Rancangan Aksi Daerah yang melibatkan seluruh elemen agar bisa bergotong royong dalam penanggulangan penyakit TBC.

“Ini salah satu wujud dari implementasi RAD. Agar kita bisa sengkuyung bersama dengan seluruh unsur di dalam upaya penanggulangan TBC,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya tidak hanya melibatkan dari internalnya saja melainkan OPD terkait di Kudus seperti Bappeda dan pihak swasta, serta Kader MSI juga memberikan support dan membantu menginvestigasi kontak erat TBC.

“Jadi tidak hanya dari Dinkes saja tapi pemda juga dilibatkan seperti Bappeda, pihak swasta juga termasuk apalagi support dari MSI yang melalui kadernya juga membantu investigasi kontak dan memberikan informasi terkait pencegahan TBC,” katanya.

Sementara itu, Staff Program Mentari Sehat Indonesia (MSI) Kudus Amiruddin Siregar mengungkapkan, terkait hal itu pihaknya berupaya mencari dukungan dari semua pihak dalam membantu menginvestasi kontak TBC.

“Terkait penanganan TBC di Kabupaten Kudus. Kami berusaha menginformasi ke siapapun seperti dunia kerja, pendidikan, sosial. Agar mendapatkan dukungan penuh dari semua elemen. Agar tahu bagaimana pencegahan dan menanggulanginya,” bebernya.

Kemudian pihaknya berupaya penuh bagi masyarakat yang terkena kontak erat TBC agar bisa diperhatikan Dinkes dan Dinsos. “Kalau TBSO mungkin belum masuk di PKH. Kalau TBRO sudah dapat bantuan. Dalam bentuk uang yang disalurkan langsung ke bersangkutan,” pungkasnya.

Informasi Terkini Berjudul Kader MSI Dilibatkan Dinkes Kudus Dalam Penanggulangan TBCSebelumnya Sudah Tayang di samin-news(*)com