Kembalikan Fungsi Hutan, Henggar Soroti Jagung Hingga Tambang

1 min read

Kembalikan Fungsi Hutan, Henggar Soroti Jagung Hingga Tambang

 

PATI, LENSAPATI.COM

 

Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menghadiri dan membuka secara langsung Sosialisasi Kegiatan APBD dan APBN Bidang Infrastruktur Wilayah Bakorwil I Provinsi Jawa Tengah, di Pendopo Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Jum’at, 27 Januari 2023.

 

Turut hadir diantaranya adalah Pj Bupati Pati, Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko, anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Nur Sa’adah, Kepala OPD Provinsi Jawa Tengah serta perwakilan dari Kabupaten Kudus, Demak, Grobogan, Rembang, Blora dan Jepara.

 

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan dan membahas program Infrastruktur Eks Karesidenan Pati atau wilayah Pantura Timur.

 

Plt Asisten II Sekda Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko berpesan agar kegiatan hari ini juga membahas strategi membangun lingkungan hunian bagi masyarakat yang aman dan nyaman, terutama supaya dapat meminimalisir dampak bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

 

“Maka hari ini menjadi penting, bukan karena berapa anggarannya, siapa yang akan melaksanakan, tetapi mari kita coba integrasikan itu menjadi pembangunan infrastruktur yang lebih baik. Pemicu tumbuhnya ekonomi menjadikan ikatan sosial yang baik dalam rangka memberikan kenyamanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

 

Perihal upaya menjaga kedaulatan energi, lanjutnya, bukan hanya tentang memastikan tingkat kecukupan energi, tapi turut serta menciptakan energi baru terbarukan, dimana konsep kedaulatan energi sendiri butuh dukungan dari masyarakat.

 

Memperkuat dua poin yang disampaikan Asisten II Sekda Prov Jateng, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menyebut pembangunan infrastruktur yang nyaman huni bagi masyarakat (khususnya di Kabupaten Pati) dapat diupayakan dengan cara mengembalikan fungsi utama hutan, yakni sebagai daerah resapan.

 

Ini dikarenakan hutan yang seharusnya dipenuhi dengan tanaman keras, kini telah berubah menjadi hutan jagung, terlebih juga terdapat beberapa wilayah di Kabupaten Pati yang menjadi daerah tambang atau galian.

 

“Membahas tentang pembangunan infrastruktur, tentunya memerlukan penanganan yang komprehensif,” sambung Henggar.

 

Dalam forum ini, Pj Bupati turut menyampaikan perihal tingkat kemiskinan yang ada di Kabupaten Pati yang makin membaik.

 

“Kita sampaikan bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Pati pada akhir 2021 yakni sebesar 10,21%, saat ini di akhir 2022 sudah turun menjadi 9,33%. Kurang lebih turun sekitar 0,88%. Tentunya di akhir 2023 nanti kita sudah punya target penurunan angka kemiskinan. Termasuk kemiskinan ekstrem Kabupaten Pati yang saat ini angkanya sebesar 2,34%,” jelas Henggar.

 

Pj Bupati berharap agar kedepannya Kabupaten Pati dapat lebih merinci data masyarakat by name by address agar akselerasi penanganan intervensi kaitannya dengan kemiskinan ekstrem dapat cepat tercapai.

 

(pn/prk/hms)

Berita Terbaru Tentang Kembalikan Fungsi Hutan, Henggar Soroti Jagung Hingga TambangSebelumnya Sudah Tayang di LENSAPATI(*)com