Kesiapan Desa Pekalongan Sebagai Kampung Pancasila Terus Dikebut

1 min read

Kesiapan Desa Pekalongan Sebagai Kampung Pancasila Terus Dikebut

WINONG, LENSAPATI.COM

Dalam rangka menyiapkan Kampung Pancasila di Desa Pekalongan, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati anggota Koramil 0718-18/Winong bersama anggota Polsek Winong menggelar karya bakti pemasangan umbul-umbul disepanjang jalan seputar Kantor Desa Pekalongan. Meskipun hari minggu, karya bakti tetap dilakukan agar pencanangan Kampung Pancasila yang direncanakan akhir bulan ini dapat berjalan dengan lancar. Minggu (29/5).

 

Pemasangan umbul-umbul tidak hanya dilakukan oleh anggota Koramil dan Polsek saja, akan tetapi juga di bantu oleh perangkat Desa Pekalongan serta masyarakat sekitar. Terlihat nyata kerukunan dan kerjasama yang kompak antar instansi dan masyarakat sehingga tidak butuh waktu lama pemasangan umbul-umbul bisa diselesaikan.

 

Menurut Babinsa setempat Serka Anwar Pakih yang didampingi Bhabinkamtibmas Aipda Mubarok, Desa Pekalongan merupakan satu-satunya desa yang dicanangkan sebagai Kampung Pancasila di wilayah Kecamatan Winong. Maka dengan adanya kegiatan ini unsur dari perangkat desa yang dipimpin langsung oleh Kades Ukhwatur Ro’i, Koramil 0718-18/Winong, Polsek Winong dan masyarakat menyambut dengan antusias program Kampung Pancasila ini.
Kami bersinergi dengan berbagai pihak agar pencanangan Kampung Pancasila ini dapat berjalan sesuai rencana dan semakin meningkatkan pengamalan nilai-nilai Pancasila khususnya untuk warga Desa Pekalongan,” ungkapnya.

 

Menurut Kades Pekalongan Ukhwatur Ro’i, Desa Pekalongan adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Winong yang masyarakatnya sangat bervariasi, dari sisi pekerjaan rata-rata petani, wiraswasta, pedagang dan buruh. Dari segi religi mayoritas beragama Islam dan sebagian lagi non muslim. Dengan keragaman tersebut perlu adanya menanamkan nilai luhur Pancasila. Berbeda akan tetapi dalam satu kesatuan Bhineka Tunggal Ika.

Pembentukan Kampung Pancasila bertujuan antara lain, melestarikan nilai yang terkandung dalam butir-butir Pancasila, menciptakan kerukunan antar umat beragama, mendorong masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai sesama serta hidup rukun dan berbudaya. (m@s)

 

Informasi Viral Berjudul Kesiapan Desa Pekalongan Sebagai Kampung Pancasila Terus DikebutSebelumnya Sudah Tayang di LENSAPATI(*)com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *