Kunyit, si Kuning Kaya Manfaat

1 min read

Kunyit, si Kuning Kaya Manfaat

Kunyit, si Kuning Kaya Manfaat

Indonesia termasuk negara yang kaya akan rempah-rempah, banyak yang menjadikan rempah-rempah sebagai obat tradisional atau bumbu masakan. Selain itu ternyata renpah-rempah juga bisa kita buat menjadi jamu lho..

Salah satu rempah yang banyak digunakan untuk dijadikan jamu adalah Kunyit. Kunyit bisa digunakan menjadi jamu herbal kunyit asem, beberapa manfaat kunyit asem antara lain

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dimasa pandemi seperti ini kita harus menjaga daya tahan tubuh agar tidak terkena virus atau penyakit lainnya, salah satunya bisa dengan minum kunyit asem..
Yap betul sekali, Kunyit asem bisa menjadi salah satu alternatif untuk menstabilkan daya tahan tubuh kita .. kalau daya tahan tubuh kita kuat kita tidak akan terserang penyakit berbahaya ..

2. Mengobati Radang

Selain digunakan sebagai bumbu masak, kunyit juga dikenal ampuh untuk mengatasi peradangan seperti radang tenggorokan.
Salah satu kandungan kunyit yang memiliki manfaat kesehatan dalam kurkumin. Kurkumin adalah zat aktif yang memiliki antioksidan kuat. Zat antioksidan bertugas melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Manfaat kunyit sebagai antibakteri, antitumor, antiperadangan, dan antiseptik juga sudah teruji secara klinis.

3. Mengurangi Rasa Mual
rasa mual yang sering menyerang kita menyebabkan rasa sakit dan tidak myaman pada diri kita oleh karena itu kita bisa mengkonsumsi obat atau jamu yang bisa meredakan rasa nyeri atau mual..
kunyit selain sebagai rempah-rempah juga bisa digunakan sebagai obat atau ramuan untuk meredakan rasa nyeri karena kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh artritis

4. melancarkan nyeri haid
Manfaat kunyit asam yang lain adalah dapat melancarkan dan mengurangi nyeri saat haid atau menstruasi. Kandungan kurkumin dalam kunyit asam bekerja mengurangi hormon prostagladin yang dapat memicu peradangan dan rasa nyeri.
campuran kunyit dengan asam jawa juga dapat memberikan pengaruh baik pada sistem saraf otak. Di mana otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh agar kontraksi rahim dan nyeri yang ditimbulkannya bisa berkurang. Bagi para wanita, dianjurkan mengonsumsi jamu kunyit asam sebelum atau sesudah haid.
5. mengatasi keputihan
Keputihan memang menjadi masalah umum yang dirasakan oleh kaum hawa. Bukan hanya orang dewasa, putihan juga dialami oleh remaja terutama yang sudah mengalami menstruasi. Keberadaanya sering kali mengganggu, bahkan yang lebih parah bisa menyebabkan bau dan rasa gatal pada organ intim. Tidak jarang memang, masalah keputihan ini bisa mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari.

Namun hal tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi jamu kunyit asam. Kandungan mineral dan minyak atsiri yang terdapat di dalamnya mampu membersihkan darah haid yang tersisa pada saluran tubafalopi serta efektif mencegah keputihan. Manfaat kunyit asam ini akan lebih terasa jika konsumsi secara rutin dengan takaran yang baik.

Oleh: Auxilia Firda

Source Of Kunyit, si Kuning Kaya Manfaat From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *