Libur Nataru, Dinporapar Pati Antisipasi Kewaspadaan Bencana di Objek Wisata

1 min read

Libur Nataru, Dinporapar Pati Antisipasi Kewaspadaan Bencana di Objek Wisata

GEMBONG, LENSAPATI.COM

“Tahun 2022 ini bisa dibilang sudah banyak peningkatan kunjungan di beberapa tempat wisata di Pati. Beberapa destinasi wisata sudah berangsur-angsur pulih dengan bukti mulai meningkatnya jumlah kunjungan. Diambil dari data per November 2022, diantaranya yang mulai ada penambahan wisatawan adalah Agrowisata Jollong, Pantai Mangrove Tunggulsari, Gunung Rowo, dan Sendang Tirta Martasani.”Jelas Kepala Dinporapar Pati yang diwakili Kabid Pemasaran Pariwisata, Endah Murwaningrum. Jum’at, 23 Desember 2022.

“Sedangkan Wisata Religi seperti Makam Nyai Ageng Ngerang, Sunan Prawoto dan Syekh A Mutamakkin juga ada peningkatan yang menggembirakan. Selain itu juga ada 16 desa wisata yang siap untuk dikunjungi oleh wisatawan dengan karakteristik masing-masing yang unik dan indah.”tambah Endah.

Prediksi lonjakan wisata di Nataru mungkin belum terlalu signifikan karena musim hujan, beberapa wilayah di bagian selatan terkena bencana banjir, Gunung Rowo juga beberapa kali diterjang puting beliung.

Dalam rangka antisipasi kewaspadaan bencana dan libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), sesuai dengan Surat dari Gubernur Jateng perihal Kewaspadaan Bencana dan Persiapan Libur Nataru, Dinporapar Pati dengan pihak terkait akan:

Melakukan pemetaan potensi bencana dan kecelakaan di objek wisata, dengan monitoring kesiapan destinasi wisata dan desa wisata dalam menyambut Nataru
Melakukan langkah antisipatif seperti ketersediaan SOP penanganan bencana, ketersediaan sarpras dan SDM, pengecekan kelaikan alat/perlengkapan.

Menerapkan kembali protokol kesehatan serta mendorong vaksinasi booster pada pelaku pariwisata dan wisatawan
Cermat dalam memberikan rekomendasi/menyelenggarakan event yang bersifat pengumpulan massa

Walaupun terjadi bencana alam, Dinporapar Pati tidak patah semangat, bersama-sama dengan Forum Komunikasi Desa Wisata, Forum Komunikasi Pokdarwis, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), ASITA (Association of Indonesian Travel Agent) dan pelaku wisata yang lain, Dinporapar siap menyambut liburan Nataru, dengan harapan bisa meningkatkan perekonomian Pati dari sektor pariwisata.

(*)

Informasi Viral Berjudul Libur Nataru, Dinporapar Pati Antisipasi Kewaspadaan Bencana di Objek WisataSebelumnya Sudah Tayang di LENSAPATI(*)com