Mahasiswa IPMAFA ini Ajak Warga Plaosan Buat Selai Nanas Home Made

1 min read

KKN Cakranawa IPMAFA Ajak Warga Plaosan Buat Selai Nanas Home Made

Mahasiswa IPMAFA ini Ajak Warga Plaosan Buat Selai Nanas Home Made

CLUWAK, PATINEWS.COM

Perempuan berdaya Indonesia maju, begitupun dengan lingkup kecil seperti keluarga, itulah yang menjadi semangat bagi kita untuk bersama mencari solusi atas tantangan-tantangan yang dihadapi oleh perempuan Indonesia khususnya para perempuan di desa Plaosan. Pandemic covid 19 telah memperburuk ekonomi keluarga hingga perempuan menjadi lebih rentan. Apalagi banyak para pekerja yang kehilangan pekerjaan yang diakibatkan PPKM dan adaptasi pembiasaan baru. Perempuan memiliki kekuatan untuk memerangi Covid-19, mereka secara tidak langsung memiliki pengalaman personal terkait pandemic ini. Perempuan yang paling mengerti tentang kesulitan-kesulitan yang dialami keluarga akibat pandemic.

Selama pandemic, perempuan mampu berpikir lebih cepat dan bergerak dengan segenap kekuatanya, untuk tidak membiarkan situasi dalam keluarga dipenuhi kepanikan dan keterpurukan. Namun, perlu dukungan dan kerja sama dari semua pihak, untuk membantu pemerintah Desa Plaosan dalam meperdayakan perempuan dan memenuhi hak-hak anak selama pandemic covid-19

Pada kesempatan ini saya Indriati selaku mahasiswa dari Prodi PIAUD IPMAFA bekerja sama dengan pemerintahan desa Plaosan bapak kepala Desa Plaosan yaitu Bp Ary Wijayanto. ST dan Tim penggerak PKK mengadakan pelatihan – pelatihan yang kami tujukan kepada para ibu-ibu rumah tangga di desa plaosan.
Pada kesempatan pertama yaitu pada tanggal 20 Agustus saya bersama ibu-ibu PKK Desa Plaosan mengadakan pelatihan pembuatan selai nanas home made.

Dalam pelatihan pembuatan selai ini ibu – ibu PKK tidak hanya mendapatkan materi pembuatana saja melainkan saya mengajak ibu-ibu untuk membuat secara langsung bagaimana tahapan pembuatan selai nanas yang siap pakai dan tentunya didampingi dan dibimbing langsung oleh pemilik MOM Cake & Bakery. Tidak sampai disitu saja setelah pembuatan selai nanas para ibu-ibu PKK Desa Plaosan juga diajarkan memproduksi nastar dan pengemasannya sehingga produk tersebut siap untuk dipasarkan. Program ini juga didukung oleh kelompok KKN Cakranawa IPMAFA dengan mengadakan pelatihan marketing penjualan yang diadakan pada tanggal 17 September 2021 via google meet yang menghadirkan Narasumber yang luar biasa.

Tujuan dan pelaksanaan kegiatan tersebut antara lain mendorong peran perempuan dalam menumbuhkan ekonomi keluarga dan meningkatkan kemampuan UMKM untuk dapat berkembang, mendorong mengoptimalkan bisnis dan penjualan berbasis digital, serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi penyelenggara kegiatan ekonomi di masyarakat, guna memutus mata rantai penyebaran covid 19.

Penulis : Indriati PIAUD IPMAFA

Source Of Mahasiswa IPMAFA ini Ajak Warga Plaosan Buat Selai Nanas Home Made From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *