Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Gandeng KPPN Kudus Ciptakan Integritas Di Desa Bulung Cangkring

1 min read

Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Gandeng KPPN Kudus Ciptakan Integritas Di Desa Bulung Cangkring

Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Gandeng KPPN Kudus Ciptakan Integritas Di Desa Bulung Cangkring

KUDUS – PATINEWS.COM,

Limbah rumah tangga yang melimpah dan belum mendapatkan penanganan semestinya menjadi salah satu permasalahan di desa Bulungcangkring. Setiap hari 1 colt truk sampah diangkut dari desa Bulungcangkring, kata Sulakim selaku Kepala Desa Bulungcangkring dalam sambutannya. Oleh karenanya ide kegiatan pembuatan Eco Enzyme oleh para mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus, disambut hangat oleh Kepala Desa beserta jajarannya dan juga masyrakat setempat pada hari Minggu (26/9/21). Hal ini terbukti dari kehadiran seluruh undangan.

Kegiatan tersebut mengusung tema CIPTAKAN INTEGRITAS MELALUI PEDULI LINGKUNGAN dengan narasumber Paulina Maria Sri Maryati Kepala Seksi MSKI KPPN Kudus. Di awal paparannya disampaikan integritas adalah sifat atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga mampu mewujudkan kewibawaan dan kejujuran yang harus dimiliki setiap warga Indonesia. KPPN Kudus merupakan unit kerja di bawah Kementerian Keuangan yang salah satu tugasnya menyalurkan Dana Desa. Saat ini KPPN Kudus sedang mewujudkan zona integritas menuju wilayah bebas dari Korupsi (WBK). Maka melalui kegiatan ini, Ibu Paulina mengajak seluruh elemen Bangsa Indonesia salah satunya masyarakat Desa Bulungcangkring untuk berintegritas dalam setiap nafas kehidupannya. Pribadi yang berintegritas tidak akan bertindak sembarangan, termasuk dalam hal kebiasaan membuang sampah yang berakibat pencemaran lingkungan. Pembuatan Eco-Enzyme merupakan salah satu solusi mengatasi melimpahnya limbah rumah tangga bahkan mendatangkan segudang manfaat bagi lingkungan dan kehidupan. Proses pembuatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan ada di sekitar kita setiap hari juga sangat mudah di dapat. Masyarakat tidak perlu khawatir akan manfaat Eco-Enzyme yang di temukan oleh Dr, Rosukhan dari Thailand.

Yang terpenting dalam proses pembuatan Eco-Enzyme ini adalah integritas, sinergi, komitmen untuk secara terus-menerus melakukannya dengan suka cita, tidak terpaksa. Mengapa integritas perlu? Karena pembuatan EE tidak ada yang mengawasi, takaran harus sesuai jika ingin mendapatkan hasil optimal. Sinergi juga perlu, karena mengumpulkan berbagai macam jenis kulit buah/sayuran maka, bisa saling berbagi. Demikian juga saat memanen hasilnya, bisa digunakan bersama-sama. Lingkungan sehat, masyarakat sehat, negara kuat, Indonesia hebat.

Kepuasan terpancar dari Ismanto, S.Si, M.Pd, Ridwan, ME selaku dosen pembimbing, para mahasiswa dan semua tamu undangan yang hadir. Terlebih mereka membawa pulang hasil praktik pembuatan EE pertama mereka.

Source Of Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Gandeng KPPN Kudus Ciptakan Integritas Di Desa Bulung Cangkring From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *