Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Lakukan Pendampingan UMKM Genteng Pres Sebagai Potensi Ekonomi di Desa Ngembal Kulon

1 min read

Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Lakukan Pendampingan UMKM Genteng Pres Sebagai Potensi Ekonomi di Desa Ngembal Kulon

KUDUS, PATINEWS.COM

Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus melakukan pendampingan pada salah satu UMKM yang ada di Desa Ngembal Kulon rt 02 rw 04 bidang usaha pembuatan genteng pres, sebagai usaha yang banyak menjadi mata pencaharian masyarakat Desa Ngembal Kulon.

Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus mendata untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait pendataan UMKM, dan melakukan pendampingan pada usaha genteng pres. Salah satu usaha genteng yang didata adalah milik Bapak Solikin beliau mendirikan usaha genteng pres kurang lebih sudah 10 tahun tepatnya sejak 2011. 

Usaha genteng ini merupakan usaha turun temurun yang dijalankan hingga sekarang, dulunya usaha ini hanya dijalankan beberapa orang saja, tetapi lama kelamaan warga lainnya ikut memproduksi genteng, di Ngembal Kulon rt 02 rw 04 Dukuh Klotok yaitu sekitar usaha milik Bapak Solikin sendiri ada beberapa usaha genteng lainnya seperti milik Bapak Rif, Bapak Sandi, Bapak Faat, Bapak Nurikan, Bapak Rodhi (pak rt). Dulu mayoritas pekerjaan warga bekerja sebagai pembuat genteng. Bisa kalian lihat jika berkunjung ke Desa Ngembal Kulon hampir setiap jalan kalian akan menemui susunan genteng di halaman rumah warga. 

Langkah- langkah membuat genteng yaitu yang pertama pemilihan bahan baku  berupa tanah liat dengan kriteria khusus untuk membuat genteng, kemudian tanah liat diolah/digiling dengan mesin penggiling khusus bernama molen, setelah digiling tanah dicetak dengan mesin pres membentuk genteng yang diinginkan, baru kemudian dikeringkan dengan cara diangin-anginkan atau dikeringkan dibawah sinar matahari, setelah kering genteng dihaluskan permukaannya dan kemudian dibakar dengan tujuan mematangkan genteng tanah liat yang masih setengah jadi .

Yang menjadi poin unggul dari genteng hasil produksi Ngembal Kulon adalah kualitas produk. Genteng hasil produksi Ngembal Kulon lebih kokoh dan awet karena memiliki ukuran yang lebih tebal sehingga memiliki daya saing yang lebih dari genteng hasil produksi daerah lain. Genteng produksi Ngembal Kulon ini tak hanya dipasarkan di wilayah Kudus saja tapi jangkauannya sudah meluas ke luar Kota Kudus, seperti, Juwana, Pati, Rembang, Lasem, Purwodadi dan kota-kota lainnya.

Pengembangan pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya Desa Ngembal Kulon, tidak hanya berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga memiliki peran dalam pendistribusian hasil-hasil kreativitas masyrakat. Untuk bisa menjamin agar UMKM dapat berkembang dengan baik diperlukan inovasi secara berkala. Hanya saja dalam aspek promosi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) genteng di Ngembal Kulon masih dilakukan dari mulut ke mulut melalui tengkulak. Mayoritas pengrajin genteng belum mencoba promosi secara digital maka dari itu masih perlu pendampingan pemberdayaan ke arah promosi digital.

Source Of Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Lakukan Pendampingan UMKM Genteng Pres Sebagai Potensi Ekonomi di Desa Ngembal Kulon From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *