Meningkatkan Produktivitas, Melalui Olahan Kerupuk Rambak

3 min read

Meningkatkan Produktivitas, Melalui Olahan Kerupuk Rambak

Meningkatkan Produktivitas, Melalui Olahan Kerupuk Rambak

Oleh : Nur Hidayah

Pendahuluan

Ekonomi merupakan sesuatu yang selalu ada didalam kehidupan kita sehari-hari. Ekonomi menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan, karena proses pemenuhan dan proses mencukupi kebutuhan sehari-hari paling banyak berada di ekonomi.

Meskipun perekonomian selalu berkembang dari waktu ke waktu, tetapi tidak semua kalangan atau lapisan masyarakat mengalami perubahan tersebut. Hal ini dikarenakan masih adanya kekurangan lapangan pekerjaan, keterbatasan skill atau kemampuan, kurangnya keterampilan, dan pengalaman kerja. Keterbatasan ini memang tidak seluruhnya menjadikan masyarakat menjadi pesimis, namum sebaliknya.

Beberapa dari mereka lebih optimis dan terus berusaha untuk menjadi lebih unggul dan mampu bertahan di segala kondisi. Hal ini terlihat jelas ketika masa pandemi, dimana banyak masyarakat yang berbondong-bondong dan berusaha untuk mengasah kemampuan, mencoba hal baru, lebih kreatif, mau berinovasi, dan menjadi lebih produktif.

Di tengah kondisi perekonomian yang mulai serba digital seperti sekarang ini, kita juga harus memperhatikan usaha masyarakat yang belum mengikuti arus digital. Meskipun dengan adanya ekonomi digital memudahkan kita dalam akses jual-beli, tapi di sisi lain bagi usaha-usaha yang belum diarahkan ke digital akan semakin tertinggal dan ditinggalkan.

Meningkatkan Produktivitas Di Masa Pandemi Melalui Olahan Kerupuk Rambak
Produktivitas merupakan sebuah istilah yang sering dipakai atau digunakan untuk menggambarkan tentang seseorang menjalankan kegiatan atau usahanya dengan aktif atau penuh dengan semangat. Karena dengan terus produktif menjadikan kita semakin memiliki ide-ide cemerlang dan inovasi baru sehingga dapat mengasah kekreatifan.

Dalam kondisi riilnya, proses untuk meningkatkan produktivitas pada masyarakat tidak selalu mudah ataupun susah. Pada hal ini, masyarakat memerlukan sebuah pendampingan untuk mampu mencari solusi dalam setiap permasalahan yang ada. Misalnya dengan membantu masyarakat untuk berkembang dan maju dalam bidang ekonomi dengan membuat sebuah usaha yang dapat mengasah skill, keterampilan, dan membantu mendapatkan penghasilan dari penjualannya.

Seperti yang dialami oleh Ibu Kustinah (sebagai pembuat dan penjual kerupuk rambak). Kerupuk menjadi salah satu pendamping makanan ternikmat. Selain karena rasanya yang khas, kerupuk seakan tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari.

Olahan yang berasal dari tepung ini memiliki banyak sekali jenis atau macamnya, rasa, bahan baku, dan bentuk. Mulai dari kerupuk rambak, kulit, udang, ikan, dan lain sebagainya.

Olahan kerupuk rambak menjadi pilihan Ibu Kustinah dalam usaha yang baru dirintisnya ini. Kerupuk rambak yang sangat populer di masyarakat Jawa ini terbilang cukup mudah cara membuatnya dengan bahan baku yang sangat mudah ditemui.

Meskipun kerupuk rambak yang dibuat beliau belum terlalu tersebar luas dan pemasaran yang belum menggunakan digital ini dapat menjadi penghasilan sampingan bagi beliau dan keluarga. Dari bahan baku tepung terigu 2,5 kg (kilo gram) saja dapat menghasilkan uang sekitar Rp. 250.000 dalam sekali buat. Dengan modal awalnya kurang lebih yaitu Rp. 25.000 yang digunakan untuk membeli bahan baku, seperti tepung terigu, tepung pati tela, bleng, ketumbar, bawang putih.

Kerupuk yang dibuat ini dijual dengan harga ecer Rp. 500/plastik (sudah digoreng/matang), selain berbentuk matang beliau juga menjual yang masih mentah (belum digoreng) dengan harga per 1 kilonya yakni Rp. 22.000.

Berbekal dari ilmu yang didapatkan dengan observasi, identifikasi, meniru, dan praktek ini menjadi peluang yang cukup menguntungkan dalam segi ekonomi. Ditambah pada daerah tempat beliau tinggal, produsen kerupuk ini belum ada. Jadi beliau sebagai produsen kerupuk rambak satu-satunya yang ada. Melihat hal ini kita dapat belajar bahwa menjadi pebisnis, pengusaha, orang sukses tidak selalu berasal dari kalangan akademisi. Selagi kita mau mencoba, berusaha, dan menguatkan niat maka akan terbuka jalan untuk kita melangkah.

Usaha rumahan yang masih terbilang kecil ini menjadi motivasi bagi setiap orang untuk mampu melakukan yang terbaik dalam urusan kompor dirumah. Berbekal ilmu yang didapatkan dan dipelajari secara otodidak dan menggunakan peralatan seadanya saja mampu menjadi peluang untuk memperoleh pendapatan.

Apalagi kita hidup di masa yang serba canggih dan era digital seperti sekarang ini, maka kita harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Yakni dengan cara memasarkan bisnis atau usaha kita secara offline dan online dengan berisi gambar atau konten yang mampu menarik minat pembeli.

Di masa pandemi yang semuanya serba terbatas dan dibatasi ini kita dapat menjadikannya sebagai peluang untuk berusaha atau berbisnis. Baik itu bisnis lokal dengan produksi makanan rumahan ataupun berbisnis barang, dan lainnya.

Produktif bukan hanya berbicara tentang kegigihan kita dalam melakukan sesuatu, tapi produktif juga berbicara tentang cara kita untuk mampu dan tetap survive di tengah kondisi yang terkadang tidak menentu dengan melihat, menggunakan, dan menciptakan peluang sehingga mampu memperoleh manfaatnya.

Kesimpulan
Seperti apapun peluang yang ada kita harus menggunakan dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Karena setiap peluang menunggu orang-orang untuk menjadi sukses dan berkembang. Tidak peduli dari segi bidang apapun itu kita harus tetap menjadi produktif dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk diri sendiri hingga dapat ditiru oleh orang lain.

Seberapa kecil besarnya usaha yang sedang kita rintis, jangan pernah takut untuk gagal. Karena keberhasilan akan selalu bersama orang-orang yang mau berusaha. Dengan mengandalkan kemampuan yang kita miliki dan memanfaatkan teknologi yang serba canggih, menjadi komposisi yang pas sebagai penunjang untuk membantu kita supaya tetap produktif.

Sumber Gambar : Hasil wawancara, observasi, dan membantu dalam membuat olahan kerupuk rambak

Referensi :
http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/download/11010/6853
https://inobis.org/ojs/index.php/jurnal-inobis/article/download/167/144

(*)

Source Of Meningkatkan Produktivitas, Melalui Olahan Kerupuk Rambak From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *