Peluang Bisnis Online Menggunakan Marketplace Shopee

2 min read

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi digital saat ini khususnya internet mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan berbagai macam kegunaannya, hal ini yang menjadikan internet sebagai kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang disamping kebutuhan pangan, sandang, dan papan.
Marketplace adalah sebuah wadah pemasaran produk secara elektronik yang mempertemukan banyak penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi. Penjual tidak perlu bersusah payah dan kebingungan jika ingin berjualan online, karena marketplace sudah menyediakan tempat untuk berjualan online. Hanya diperlukan pendaftaran saja untuk memulai berjualan. Semua proses sudah ditanggung oleh tim marketplace. Penjual hanya perlu meningkatkan pelayanan dan promo.
survey APJII pada tahun 2019 tentang pengguna internet di Indonesia. Pada tahun 2014 pengguna inernet di Indonesia mencapai 88 juta orang. Namun, pada tahun 2016 ada kenaikan pada pengguna internet menjadi 132,7 juta. Kemudian, pada tahun 2017 jumlahnya semakin meningkat berjumlah 143,26 juta. Angka ini terus meningkat sampai tahun 2018 mencapai 171,17 juta pengguna internet. Media promosi penjualan dengan menggunakan teknologi Internet yang sering digunakan yang lebih dikenal dengan sebutan e-commerce.
E-commerce merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan segala aktivitas kegiatan jual-beli secara online. Selain itu, e-commerce juga dapat memasarkan, mempromosikan, sedangkan untuk pembayaran pembelian dapat dilakukan melalui transfer bank, dan untuk pengiriman produk dilakukan dengan menggunakan jasa kirim seperti JNE, JNT dan lainnya. Saat ini E-commerce berkembang pesat, karena hampir semua kebutuhan dapat di jual-belikan di platform tersebut. Negara yang menggunakan E-commerce untuk kegiatan jual beli salah satunya adalah Indonesia, hal ini dapat diketahui dengan maraknya situs jual beli secara online yang mulai bermunculan, seperti Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak, Shopee dan masih banyak lainnya.

Shopee merupakan salah satu marketplace yang pertama kali dijalankan oleh Garena yang saat ini berubah nama menjadi SEA Group. Garena sendiri mengusung mobile marketplace Bisnis C2C (customer to customer). Pada Desember 2015 shopee resmi diperkenalkan di Indonesia di bawah naungan PT Shopee International Indonesia. Produk yang ditawarkan di marketplace Shopee banyak variasinya, antara lain produk Kecantikan, Pakaian Pria, Pakaian Wanita, Handphone & Accesories, Komputer & Accesories, Perlengkapan Rumah, Elektronik, Makanan & Minuman, Pulsa, Tagihan & Tiket, Fashion Muslim, Fashion Bayi & Anak, Ibu & Bayi, Tas Pria & Wanita, Kesehatan, Fotografi, Olahraga, Voucher, Buku & Alat Tulis, Serba Serbi, Sepatu Wanita & Pria, Souvenir & Pesta, Jam Tangan, Hobi & Koleksi, dan masih banyak lagi.

Shopee yang merupakan marketplace yang digunakan oleh para penjual online di Indonesia. Pada tahun 2015 shopee pertama kali ada di Indonesia dan menjadi situs penjualan online yang paling diminati oleh masyarakat.
Shopee membuka peluang bagi para pengusaha pemula untuk mempermudah pemasaran. Dengan menggunakan strategi yang baik dan mampu membaca situasi shopee memberikan kemudahan dalam penjualan barang, walaupun masih pemula. Dari data yang ada peminat online shoop sangat lah banyak dan mengalami kenaikan signifikat hal tersebut merupakan peluan besar dalam membuka bisnis di marketplace.
Keunggulan memanfaatkan marketplace Shopee yang tersedia adalah komponen-komponen tersebut merupakan fasilitas dari marketplace, pelaku usaha hanya membutuhkan produk yang akan dijual. Dalam hal ini merupakan foto dari produk tersebut. Selain foto, pelaku usaha juga memerlukan aktivitas tambahan yaitu mengirimkan produk ke alamat pembeli. Foto dari produk dapat dilakukan menggunakan semua jenis kamera, baik kamera professional, maupun kamera dari smartphone. Hal tersebut tidak menjadi masalah yang besar selama foto produk jelas. Komponen lain seperti tempat menjual produk, cara menerima pesanan, cara pembayaran, metode pengiriman, dan customer service merupakan fasilitas yang disediakan oleh marketplace yang tersedia. Sehingga dapat lebih memudahkan pelaku usaha kecil untuk memanfaatkannya.

Penulis : Dwi Rame Nugraha.

Referensi
Jurnal Pemasaran, Universitas Pamulang, Volume 4. Nomor 1. Oktober 2020, Hal.133-144 ( ISSN N0. (PRINT) 2598-0823, (ONLINE) 2598-2893)

Source Of Peluang Bisnis Online Menggunakan Marketplace Shopee From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *