Pemanfaatan Tanaman Herbal Untuk Kesehatan

2 min read

Jahe Sebagai Rempah Peningkat Imun Tubuh

Penulis: Fitri Anita

Tahukah kalian bahwa tanaman herbal menjadi obat yang cukup mujarab bagi sebagian masyarakat Indonesia?. Artikel ini mengulas tentang beberapa nama tanaman herbal serta khasiatnya yang baik bagi tubuh.

Hidup sehat tanpa mengalami gangguan kesehatan adalah dambaan setiap orang. Terlebih di era modern ini yang menuntut setiap orang selalu akttif berkarya dan berprestasi. Oleh karena itu kesehatan menjadi sangat penting dan menjadi “barang berarga” yang harus dirawat. Gaya hidup kembali ke alam yang menjadi tren saat ini membawa masyarakat kembali memanfaatkan bahan alam, termasuk pengobatan dengan tanaman berkhasiat obat.

Tanaman herbal merupakan tanaman yang biasanya digunakan oleh sebagian warga untuk obat tradisional serta pencegahan penyakit dan sebagai pertolongan pertama ketika terkena penyakit ringan. Seperti kencur untuk mengobati batuk, jahe untuk mengobati demam ringan, daun jambu biji muda untuk mengatasi diare ringan, kumis kucing untuk mengatasi luka tergores dan gusi bengkak, daun sirih untuk kesehatan gigi, serta masih banyak lagi tanaman herbal yang berguna bagi kesehatan.

Pemanfaatan tanaman herbal ini merupakan cara tradisional Indonesia yang sudah turun-temurun dari nenek moyang untuk mengatasi berbagai penyakit sebelum ditemukannya obat yang bisa didapatkan dengan mudah di apotek. Fungsi lain dari tanaman herbal adalah sebagai jamu racikan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Seperti campuran rimpang temulawak, rimpang kunyit, dan herba meniran yang dipercaya dapat meningkatkan kesegaran jasmani.

Masyarakat Indonesia, khususnya di daerah pedesaan masih memiliki kepercayaan yang sangat kuat akan tradisi. Penggunaan serta pemanfaatan tanaman herbal sebagai obat merupakan salah satu tradisi yang masih dilakukan sampai sekarang. Ketika anak terserang demam di malam hari, seorang Ibu tidak akan langsung membawa anaknya ke dokter atau membeli obat di apotek. Langkah awal pertolongan pertama untuk anak yang sedang sakit demam adalah dengan memarutkan bawang merah lalu dicampur dengan minyak kayu putih, setelah itu dilaburkan ke punggung anak.

Hal ini diperkuat dengan pendapat (Hesti Mulyani, 2016: 78) bahwa bawang merah dipercaya dapat menghangatkan badan anak yang demam dan menyerap panas tubuhnya.

Rempah jahe adalah tanaman herbal yang paling sering digunakan sebagai campuran minuman untuk kesehatan. Menurut pendapat (Hesti Mulyani, 2016: 77) Jahe berkhasiat sebagai stomakik yakni menambah nafsu makan dan menguatkan lambung. Nafsu makan yang baik penting bagi tubuh, karena apabila asupan makanan cukup, maka tubuh akan selalu bugar dan bisa menjalankan aktifitas dengan baik. jika kita tidak memiliki nafsu makan yang baik, otomatis kita akan selalu menunda makan dan itu berpengaruh pada tubuh. Badan akan terasa lemas, letih, lesu dan tidak bersemangat. Hal ini juga dapat memicu mudahnya tubuh kita terserang oleh virus karena kondisi tubuh yang tidak fit. Oleh sebab itu mengkonsumsi jahe sebagai penambah nafsu makan dapat meningkatkan imunitas tubuh lewat asupan makanan yang kita konsumsi.

Selain manfaat yang disebutkan di atas jahe juga mempunyai khasiat yang bagus untuk kesehatan jika di konsumsi secara terus menerus antara lain khasiatnya yaitu meredakan nyeri haid, anti penuaan dan kangker, menurunkan Glukosa Darah samapi Kolestrol, memperkuat sistem imun, menangal infeksi bakteri dan virus. Mengingat kondisi kita saat ini yang sedang maraknya virus Covid-19 tentu sangat membutuhkan sekali asupan untuk tubuh agar tetap sehat, dengan mencampurkan jahe, temulawak dan kunyit lalu di rebus, air rebusan tersebut bisa di minum secara rutin untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

(*)

Source Of Pemanfaatan Tanaman Herbal Untuk Kesehatan From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *