Pentingnya Pendampingan Orang Tua Terhadap Anak Berkesulitan Belajar di Rumah Saat Masa Pandemi

1 min read

Pentingnya Pendampingan Orang Tua Terhadap Anak Berkesulitan Belajar di Rumah Saat Masa Pandemi

Pentingnya Pendampingan Orang Tua Terhadap Anak Berkesulitan Belajar di Rumah Saat Masa Pandemi

Penulis : Nurul Afita

Akhir tahun 2019 dunia dihebohkan dengan adanya penyakit virus yang menular, sampai saat ini tahun 2021 terkenal dengan nama COVID-19.

Di Indonesia penyakit ini telah berdampak pada seluruh aspek kehidupan dalam segala bidang, mulai dari bidang Ekonomi, Kesehatan, Agama, Sosial, Budaya, dan khususnya dalam bidang Pendidikan.

Pendidikan menjadi salah satu wadah untuk memulai atau melakukan suatu proses pada diri seseorang untuk belajar. Seseorang belajar biasanya bisa di mana saja tetapi untuk mengefektifkan pembelajaran untuk anak SD, SMP, SMA, dan seorang Mahasiswa tentunya harus ada sebuah tempat untuk mereka belajar.

Tetapi dalam keadaan adanya COVID-19 ini pemerintah tidak memberlakukan pembelajaran dilakukan di sekolah atau tatap muka, karena khawatir kalau proses pembelajaran dilakukan di dalam kelas akan meningkatkan jumlah populasi yang terkena virus menular ini semakin bertambah.

Untuk itu pemerintah memberlakukan semua proses pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan), supaya pembelajaran tetap berlangsung dan pencegahan COVID-19 ini tetap terlaksana.

Pembelajaran daring ini biasanya dilakukan dengan bantuan aplikasi yang mendukung seperti aplikasi Google Classroom, Google Meet, Zoom Meeting, dan WhatsApp.

Setelah guru menginstruksinya baru pembelajaran bisa dilakukan pada saat jam pelajaran yang sudah terjadwalkan dengan bantuan aplikasi tersebut. Akan tetapi adanya aplikasi tersebut para orang tua pada mengeluh karena banyak dari mereka yang gaptek (gagap teknologi), hal ini terjadi biasanya pada para orang tua anak tingkat sekolah dasar, yang anak sekolah dasar masih perlu pendampingan belajar di rumah saat jam pelajaran maupun di luar jam pelajaran.

Kendala-kendala lain selain orang tua yang gaptek (gagap teknologi) adalah seperti, di daerahnya kurang memiliki jaringan internet yang kuat, anak-anak tidak memiliki handphone android, dan ketika pembelajaran berlangsung terkadang saat guru menjelaskan materi tidak begitu jelas, sehingga anak malah menjadi kebingungan.

Hal tersebut yang menjadikan masalah anak berkesulitan belajar di rumah.

Untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan saat pembelajaran dirumah berlangsung yaitu dengan cara, orang tua harus melakukan pendampingan belajar pada anak jenjang sekolah dasar saat pembelajaran berlangsung maupun saat diluar jam pelajaran, memfasilitasi hal-hal apa saja yang diperlukan saat pembelajaran seperti, menyediakan aplikasi yang mendukung, dan sebisa mungkin orang tua harus memiliki jaringan internet yang kuat untuk mendukung proses pembelajaran.

Dengan demikian pendampingan belajar yang dilakukan oleh orang tua diharapkan dapat membantu para siswa yang mengalami kesulitan belajar di rumah, serta pembelajaran yang dilakukan di rumah dapat berjalan dengan lancar, dan efektif.

Agar anak mempunyai semangat belajar yang tinggi meskipun mereka belajar dari rumah.

(*)

Source Of Pentingnya Pendampingan Orang Tua Terhadap Anak Berkesulitan Belajar di Rumah Saat Masa Pandemi From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *