Peran Guru dan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Daring Untuk Anak Usia Dini di Masa Pandemi

2 min read

Peran Guru dan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Daring Untuk Anak Usia Dini di Masa Pandemi

Peran Guru dan Orang Tua Dalam Proses PembelaJARAN Daring Untuk Anak Usia Dini di Masa Pandemi.

Adanya virus covid 19 yang sedang mewabah telah mengubah banyak tatanan kehidupan di dunia saat ini. Bertepatan pada 30 Januari 2020, World Health Organization menetapkan Covid- 19 ke dalam Public Health Emergency of International Concern (Rosali, Pendidikan, & Universitas, 2020). Penyebaran virus terbilang sangat cepat, menyebabkan banyaknya populasi manusia di dunia yang terjangkiti. Hal tersebut yang mulanya hanya berdampak pada aktifitas perekonomian yang semakin lesu, lambat laun juga mempengaruhi dunia pendidikan. Tantangan terberat pada dunia pendidikan khusunya di Indonesia, mengingat kejadian tersebut baru dirasakan oleh penduduk Indonesia.

Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No. 1 Tahun 2020 mengenai pencegahan penyebaran covid 19 di dunia Pendidikan. Dalam surat edaran tersebut Kemendikbud menginstruksikan untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dan menyarankan para peserta didik untuk belajar dari rumah masing-masing. Terhitung semenjak bulan Maret lalu dampak yang diberikan covid 19 pada kegiatan belajar mengajar cukup terasa, hal tersebut terlihat dari pembelajaran yang semestinya dilakukan secara langsung, sekarang hanya dapat dilakukan secara mandiri. Dengan begitu peserta didik melakukan pembelajaran tidak langsung dengan memanfaatkan pembelajaran dalam jaringan atau daring yang dirasa cukup tepat guna di situasi seperti saat ini (Handarini & Wulandari, 2020).

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan secara online menggunakan aplikasi pembelajaran maupun jejaring sosial. Pembelajaran ini dilakukan tanpa melalui tatap muka di kelas tetapi melalui platform digital yang tersedia seperti Zoom, Google Meet, Whattsapp, dan lain sebagainya. Hal ini tentu tidak mudah dilakukan oleh siswa, oleh karena itu dibutuhkan kerjasama antara orang tua dan guru untuk membimbing siswa khususnya untuk anak-anak yang masih duduk dibangku TK/RA dan SD/MI.

Pada pembelajaran daring ini semua elemen pendidikan dituntut untuk tetap memfasilitasi pembelajaran agar tetap aktif meskipun tanpa tatap muka secara langsung. Disini Guru selaku elemen utama dalam pendidikan formal memiliki peranan penting dan dipacu untuk melakukan adaptasi dengan pelaksanaan pembelajaran yang semula menggunakan metode tatap muka konvensional dan beralih ke pembelajaran daring (Setyorini, 2020). Pada saat inilah, peranan guru sangat dibutuhkan.

Guru di tuntut untuk memiliki kompetensi guna menunjang peserta didik pada masa pandemi ini, namun kompetensi sangat sulit dilakukan manakala pembelajaran daring diberlakukan karena akan ada banyak masalah yang terjadi dalam kondisi yang berubah salah satunya kurangnya pemahaman dari peserta didik dalam belajarnya (Sudrajat, 2020). Dalam hal ini, guru berperan mengawasi dan mengevaluasi peserta didik dan berupaya membuat pembelajaran lebih baik agar peserta didik tuntas dalam belajarnya.

Mengetahui peran orang tua dalam mendukung pembelajaran anak di rumah menjadi sangat penting, bukan hanya bagi kepentingan lembaga pendidikan anak usia dini namun juga pada orang tua peserta didik tentunya. Taman kanak-kanak Kemala Bhayangkari Kabupaten Bone, khususnya guru dan orang tua menyadari akan pentingnya peran mereka dalam proses pembelajaran online yang dilaksanakan selama pandemi covid 19 berlangsung.

Meskipun proses pembelajaran daring dilaksanakan hanya melalui jaringan whatshap yang terbatas, namun antusias orang tua peserta didik sangat besar dalam mendorong anak-anak mereka turut berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Para orang tua begitu bersemangat membantu tahap demi tahap disetiap kegiatan pembelajaran daring, dengan membimbing maupun memotivasi anak-anak mereka meskipun sebagian besar orang tua juga disibukkan dengan rutinitas pekerjaan harian. Inilah yang melatarbelakangi peneliti melaksanakan penelitian, guna mengetahui lebih dalam peran orang tua dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid 19.

Oleh : Siti mu’linatus Sa’adah.

Kamis, September-16-2021

Source Of Peran Guru dan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Daring Untuk Anak Usia Dini di Masa Pandemi From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *