Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Konektor Masker Sebagai Ide Kewirausahaan di Era Pandemi

2 min read

Pandemi Covid 19 yang sedang mewabah di Indonesia, tidak hanya di Indonesia, bahkan telah menjadi pandemi diseluruh dunia. Kondisi pandemi ini memaksa kita semua untuk mengisolasi diri di rumah dan tidak boleh keluar rumah supaya tidak terpapar virus tersebut. Di beberapa daerah juga menerapkan sistem PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sehingga aktivitas semakin terhambat, masyarakat tidak dapat beraktivitas bebas, banyak hal yang dibatasi dan direkamnya keadaan karena tingginya angka kematian Covid-19 ini. Pekerjaan dan bisnis terpaksa harus dilakukan secara WFH (Work From Home), mahasiswa dan siswa sekolahpun harus belajar melalui daring. Di sisi lain, kondisi ini juga membuat sebagian orang mencari-cari ide dan peluang usaha yang dapat dilakukan selama di rumah saja. Demikianlah yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk mengatasi pandemi ini tdak bisa selalu membutuhkan semua pihak, contohnya saja pada perekonomian masyarakat yang menurun karena adanya pembatasan mobilitas masyarakat terkait beberapa hal dan permasalahan di masa pandemi Covid-19 seperti ini.
Saya sebagai salah satu anggota Kuliah Kerja Nyata melakukan program kerja yaitu pelatihan pembuatan konektor masker dari bekas kain perca yang sudah tidak terpakai yang bernilai jual. Seringkali kita menjumpai kain perca yang diabaikan dan di buang begitu saja, padahal jika kita mau melihat peluang dari bahan yang dianggap tidak berguna tersebut kita dapat menghasilkan sesuatu yang bernilai dan bermanfaat. Salah satunya adalah itu tadi pembuatan konektor masker dari kain perca. Pembuatannya juga tidak harus menggunakan mesin jahit ya, tapi bisa secara manual. Dalam kesempatan ini saya akan mengajak para remaja dan para penjahit yang ada di Desa Cebolek Kidul Margoyoso Rt 001 / Rw 005.
Kegiatan ini saya lakukan pada pukul 12.30 sampai selesai yaitu tepatnya pada tanggal 04 September 2021 dan saya tunjukkan kepada para remaja di Desa Cebolek Kidul. Melalui pelatihan ini di harapkan dapat meningkatkan kreativitas dan membantu meningkatkan penghasilan masyarakat khususnya untuk para remaja dan para penjahit di Desa Cebolek Kidul. Konektor masker sangat penting dalam menunjang penampilan penggunaan masker dengan model non hijab, selain itu konektor masker dari bahan kain perca tersebut bentuknya sangat cantik dan menarik minat masyarakat untuk menggunakannya terutama dikalangan wanita yang berhijab. Konektor masker merupakan aksesori yang digunakan sebagai penghubung masker jenis aerloop. Belakangan ini aksesori tersebut sedang viral di kalangan perempuan yang mengenakan hijab. Karena, konektor masker dapat berfungsi untuk mempermudah hijaber saat mengenakan masker aerloop. Selain itu, ini juga dapat memberikan kenyamanan, karena mom tidak lagi merasakan sakit di telinga ketika menggunakan masker aerloop dalam waktu yang cukup lama.
Bahan dan alat yang digunakan juga terbilang cukup murah dan mudah untuk ditemui, hanya saja dalam pembuatannya di butuhkan bermacam-macam tehnik dari mulai yang paling simple sampai yang tersulit. Selain mengajarkan cara membuat konektor masker saya juga memperkenalkan warga facebook dan para remaja, penjahit di Desa Cebolek Kidul dengan cara memposting dan menjual hasil kreasinya di media sosial dengan harga yang cukup terjangkau. Di era normal semua orang pasti membutuhkan masker, memakai masker kini menjadi kebiasaan dimasa pandemi Covid-19.
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan dengan menerapkan hidup sehat dengan cara menggunakan masker saat bepergian. Harapan saya semoga memberi manfaat dan memiliki nilai jual. Jika konektor masker ini bisa dikembangkan maka bisa menjadi salah satu usaha. “saya senang mengikuti kegiatan ini karena memberi pengalaman baru dan bermanfaat “ ujar Rinata Sukartini seorang partisipan.
Disini dijelaskan alat dan bahannya, juga bagaimana cara membuatnya
Bahan dan alat yang dibutuhkan:
Kain dengan motif sesuai selera. Kamu bisa menggunakan kain katun polos, motif bunga atau kain katun yang lain.
Elastic ukuran 0,8cm x 25cm/(ukuran 2 cm, 4 cm) sesuai selera nya.
Jarum dan benang jahit. Dua buah kancing sesuai selera.
Gunting dan jarum pentul atau peniti.
Kamu bisa beli bahan-bahan tersebut di toko alat-alat jahit.
Caranya Pembuatan:
• Potong kain dengan ukuran 4cm x 50cm.
• Lipat di tengah, sehingga kain berukuran 2cm x 50 cm, lalu jahit jelujur.
• Sesudah kain dijahit, balik dengan bantuan sumpit, sehingga bagian yang dijahit tadi berada di dalam.
• Siapkan elastic lalu masukkan ke dalam kain dengan bantuan jarum pentul atau peniti, lalu jahit pada satu sisinya.
• Rapatkan kain sehingga berbentuk lipatan-lipatan, lalu jahit ujung yang lain dari elastic dengan kain.
• Agar terlihat lebih rapi, lipat setiap ujung kain yang sudah berisi elastic di dalamnya, selebar 2cm.
• Jahit kancing di atas kedua lipatan tersebut.
Konektor siap digunakan.

Source Of Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Konektor Masker Sebagai Ide Kewirausahaan di Era Pandemi From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *