Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Karangsari Cluwak

1 min read

Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Karangsari Cluwak

Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Karangsari Cluwak

Penulis : Abdul Rohman 1840410009

Desa karangsari berada di wilayah Pati paling ujung yang berbatasan langsung dengan kabupaten Jepara. Desa Karangsari ini memiliki lima dukuh antara lain dukuh Jentir, Godang, Gibing, Sayang, dan Cluwak.

Dengan memiliki lima dukuh ini maka desa Karangsari yang memiliki luas wilayah 856.015 Ha dan memiliki delapan RW dan tiga puluh enam RT. Desa Karangsari ini yang sebalah utara berbatasan langsung dengan tanah perhutani, sebalah sebelah selatan berbatasan dengan Plaosan dan desa Payak, sebelah timur berbatasan dengan desa Sumur, Bleber, dan desa Ngawen, sedangkan sebelah barat berbatasan dengan desa Mojo.

Desa karangsari memiliki tanah yang subur karena terletak di lereng pegunungan Muria sehingga Sumber Daya Alam yang dimiliki pun sangat melimpah. Mayoritas warga Desa Karangsari bermata pencaharian sebagai petani, dan berkebun. Dengan keadaan Sumber Daya Alam yang subur banyak warga yang memanfatkan untuk UMKM.

Di era sekarang ini, para pelaku UMKM hendaknya bisa memanfaatkan media digital sebagai salah satu upaya pemasaran produknya sehingga konsumen lebih mengenal produk yang dihasilkan oleh UMKM tersebut. UMKM yang memiliki akses online, terlibat di media sosial, dan mengembangkan kemampuan ecommerce-nya, biasanya akan menikmati keuntungan bisnis yang signifikan baik dari segi pendapatan, kesempatan kerja, inovasi, dan daya saing. Akan tetapi, masih banyak UMKM yang belum menerapkan teknologi informasi khususnya menggunakan media digital dan belum mengerti seberapa besar manfaat dan peranan penggunaan media digital tersebut.

Masyarakat Desa Karangsari mayoritas memiliki UMKM. UMKM disini meliputi ceriping pisang, ayam potong, kerupuk, peyek, kacang telor, dsb. Kondisi UMKM di Desa Karangsari sangat baik perkembanganya, akan tetapi tidak didalam online. UMKM disana masih melakukan penjualan secara manual atau lokal, tetapi dengan begitu ada sebagian UMKM yang penjualannya sampai Luar Negeri.

Maka dari itu, kami dari tim PPL IAIN KUDUS mencoba untuk memberikan pelatihan marketing online dengan bertujuan kondisi UMKM di Desa Karangsari lebih dikenal luas lagi. Masyarakat Desa Karangsari sangat berantusias ingin mengikuti kegiatan pelatihan ini karena mereka menyadari marketing online sangat dibutuhkan dalam dunia berusaha.

Kebanyakan dari pelaku UMKM di Desa Karangsari masih menerapkan system penjualan secara tradisional seperti menitipkanya di toko-toko terdekat atau melalui pesanan via telepon.

Program pelatihan online marketing bertujuan untuk melatih masyarakat terkhusus para pelaku UMKM agar dapat memaksimalkan dan memperluas jangkauan penjaulan melalui platform jual beli online seperti shopee dan facebook.

Saat ini, kedua platform tersebut mempunyai banyak pengguna sehingga dapat membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualanya jika dilakukan dengan tepat.

Pelatihan ini dapat dikatakan sukses karena mampu meningkatkan minat dan pengetahuan terkait online marketing yang dapat dijalankan tanpa memakan waktu yang banyak (fleksibel) serta memperluas jangkauan penjualan yang berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan UMKM.

(*)

Source Of Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Karangsari Cluwak From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *