Tanaman Obat Herbal dan Manfaatnya dalam Meningkatkan Imunitas Tubuh

2 min read

Sistem pertahanan tubuh atau sistem imunitas adalah sistem pertahanan yang berperan dalam mengenal menghancurkan serta menangkal radikal bebas dan virus yang akan berpotensi untuk menurunkan kinerja pertahanan tubuh dari serangan berbagai penyakit. Jadi penting bagi kita untuk menguatkan iman tubuh apalagi di saat pandemi seperti ini. Ketahanan imunitas yang tinggi dapat membantu kita untuk mencegah timbulnya penyakit yang lebih serius. Banyak cara dilakukan untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Ada yang melalui vitamin yang diresepkan oleh dokter, ada juga yang menggunakan obat herbal sebagai penunjang lain untuk lebih meningkatkan ketahanan imun.
Indonesia merupakan negara yang subur tanahnya, berbagai jenis tanaman bisa tumbuh dengan subur dan lestari di tanahnya. Termasuk berbagai macam tanaman obat-obatan herbal yang dapat menjadi alternative penambahan imunitas tubuh. Menurut penelitian, terdapat 40 ribu tanaman obat herbal di seluruh dunia dan 30 ribu di antaranya ada di Indonesia. Kita patut bersyukur negara kita memliki potensi alam yang luar biasa.
Apalagi dengan keadaan yang masih dalam suasan Pandemi Covid-19. Banyak sekali orang-orang takut ke dokter, akibat dari berbagai macam berita yang beredar di luaran sana dan belum tentu kebenaranya (hoax). Membuat Kebanyakan orang terbilang masih awam dengan keadaan pandemi saat ini takut untuk berobat. Selain itu pelayanan rumah sakit masih di prioritaskan untuk pademi covid-19 dan penyakit-penyakit berat lainnya. Sehingga pasien dengan gejala ringan disarankan untuk rawat jalan.
Dalam keadaan Pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia, khususnya Indonesia. Ada alternatif lain untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan menggunakan bahan-bahan herbal yang ada di sekitar kita. Selain murah bahan-bahan herbal tersebut sudah teruji secara klinis mampu untuk meningkatkan sistem imunitas. Jadi kita tidak melulu harus tergantung pada obat dokter. Melalui beberapa tahapan obat herbal tersebut bisa menjadi suplemen kesehatan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Berbagai macam minuman herbal bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan yang menjadi keluhan banyak orang.
Berikut berbagai jenis tanaman herbal dengan cara pembuatannya yang sederhana, yaitu:

1. Jahe

satu tanaman obat herbal yang di kenal juga sebagai rempah-rempah khas Indonesia sudah sering bersinggungan dengan kehiduapan masyarakat. Mudah sekali untuk membuat minuman herbal dari tanaman jahe. Di bawah ini merupakan langka-langkah sederhana pembuatan minuman herbal, yaitu:

• Ambil satu ruas jahe dan kupas kulitnya.
• Cuci ruas jahe lalu geprek pelan.
• Panaskan air dan siapkan gelas.
• Masukkan jahe ke dalam gelas, tambahkan sedikit gula putih/merah sesuai selara, dan tuangkan air yang sudah mendidih.
Tanaman herbal jahe menjadi semakin diminati sejak virus corona mulai mewabah hingga Indonesia. Kelebihannya sebagai antioksidan dipercaya mampu untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan membantu untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.2. Kunyit
Kunyit sering juga di manfaatkan sebagai salah satu minuman herbal selain untuk memasak tentunya. Cara pembuatannya juga terbilang mudah. Berikut merupakan langkah-langkah pembuatannya, yaitu:
• Pilih kunyit yang sudah tua (Mpu-nya) dan kupas kulitnya.
• Cuci kunyit yang sudah dikupas.
• Kemudian rebus sampai mendidih dan air berubah warna menjadi kuning.
• Ketika akan meminumnya bisa ditambahkan madu secukupnya atau polosan sesuai selera.
Tananaman herbal kunyit bisa membantu untuk mengatasi penyakit disentri dan masalah pencernaan. Selain itu juga tanaman herbal kunyit sangat baik untuk penderita penyakit jantung karena mampu untuk melancarkan peredaran darah.
3. Kencur
Banyak orang yang tidak menyadari bahwa tanaman kencur merupakan saalah satu obat herbal. Dalam prosess pembuatannya biasanya orang Jawa terutama akan menambahkannya dengan beras, lazim di sebut beras kencur. Cara pembuatannya cukup mudah, berikut merupakan langkah-langkah yaitu:
• Ambil secukupnya ruas kencur lalu kupas dan cuci hingga bersih.
• Cuci beras secukupnya untuk campuran.
• Gula secukupnya.
• Panaskan air dan masukan seruh baha-bahan tadi dan masak hingga mendidih.
Tanaman herbal kencur mampu mengurangi keluhan susah tidur membantu meringankan penyakit hipertensi dan rematik.
Tanaman herbal memiliki banyak khasiat yang baik bagi tubuh. Sejak zaman dahulu tanaman herbal sudah di manfaatkan sebagai obat dan saat ini diperkuat dengan berbagai ujiklinis yang telah dilakukan semakin menambah kepercayaan akan khasiat dari tanaman herbal tersebut.

Penulis : Ita Purnamasari, Mahasiswa Ipmafa.

 

Source Of Tanaman Obat Herbal dan Manfaatnya dalam Meningkatkan Imunitas Tubuh From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *