Tentang Desa Ngemplak Kidul

3 min read

Tentang Desa Ngemplak Kidul

Desa Ngemplak Kidul berada di kecamatan Margoyoso, kabupaten Pati, provinsi Jawa Tengah. Kurang lebih 17 Kilo Meter utara Kota Pati. Desa yang berada di pinggir jalan raya Pati – Tayu. Desa ini bersebelahan dengan Desa Kajen, Desa Sidomukti, Desa Soneyan, dan Desa Sekarjalak. disini juga terdapat jalan Ronggo Kusumo yang punya aktivitas siang dan malam hari yang sangat ramai,
Geliat ekonomi masyarakatnya cukup tinggi. Mata pencaharian masyarakat sebagian besar adalah berprofesi sebagai pekerja di home industri tepung tapioka. Juga ada yang bekerja wiraswasta, pedagang, pengusaha, buruh, guru dan sebagainya. Hanya sedikit yang bekerja sebagai petani di sawah. Yang ada petani ketela dan lainnya.

Desa sentra pabrik produksi tepung tapioka

Desa ini terkenal sebagai sentra pabrik produksi tepung tapioka.Potensi tepung tapioka di Ngemplak Kidul adalah yang terbesar di Jawa Tengah. Produksi tepung tapioka ini lalu dikrim ke berbagai kota seperti.di Jawa Timur dan lainnya.

Desa yang ‘tak pernah tidur’

Desa Ngemplak Kidul sering disebut sebagai desa yang ‘tak pernah tidur’, karena merupakan jantung dan pusat kegiatan di kecamatan Margoyoso. Toko-toko dan warung tersedia selama 24 jam. Masyarakatnya selalu beraktifitas dengan adanya produksi tepung tapioka. Walaupun berada di kabupaten Pati yang notabene jauh dari pusat Jawa Tengah, desa Ngemplak Kidul termasuk desa yang maju. Karena berada di jalan utama penghubung Pati – Tayu, jalan utama yang ada sudah memadai. Transportasi yang dibutuhkan sudah tersedia dan mencukupi.disini juga terdapat jalan Ronggo Kusumo yang punya aktivitas siang dan malam hari yang sangat ramai, Geliat ekonomi masyarakatnya cukup tinggi.

Terdapat Makam Waliyullah Syeh Ronggo Kusumo dan Syeh Bronto Kusumo

Di Desa Ngemplak Kidul terdapat Makam Syekh Ronggo Kusumo dan Syeh Bronto Kusumo (Kyai Cilik), Syeh Ronggo.Kusumo adalah pendiri ( pembabat alas ) Ngemplak.Kidul. Beliau sebagai Waliyullah menyebarkan agama islam di daerah ini dan sekitarnya. Dengan sifat ‘welas asih’ Mbah Ronggo ( begitu sebutan terkenalnya)
sukses mengislamkan masyarakat. Setiap 10 Sapar diperingati sebagai haul beliau Mbah Ronggo. Sedangkan haul Mbah Kyai Cilik biasanya setiap bulan bakda mulut ( Sejarah beliau Mbah Ronggo dapat di baca di halaman lain facebook saya ini ).Setiap hari khususnya 10 Sapar Makam Mbah Ronggo ini ramai dikunjungi para peziarah lokal dan luar daerah di nusantara.

Masyarakat Ngemplak Kidul perlu pendidikan dan keagamaan kuat demi.mempertahankan ajaran agama dan kearifan lokal yang luhur

Pendiri.Desa Ngemplak Kidul yakni Mbah Ronggo Kusumo sudah sukses mengislamkan masyarakat. Maka untung menunjang kemajuan sekaligus meleatarikan nilai-nilai pendidikan, keagamaan dan keluhuran budaya ( kearifan lokal ) sangat diperlukan lembaga pendidikan mulai dari tingkat dasar sampai atas.
Dan hal.tersebut sudah diupayakan sedemikian rupa oleh masyarakat khususnya para ulama, kyai, tokoh. Namun demikian diharapkan lembaga pendidikan maupun keagamaan perlu lebih di.tngkatkan kwalitas dan kwantitasnya. Karena secara kultur masyarakat Ngemplak.Kidul termasuk dalam.kultur pekerja keras ( baca masyarakat industri tepung tapioka ). Dampak industri dengan beberapa efeknya ini tidak bisa tidak pasti akan mempengaruhi pola pikir masyarakatnya. Saya pernah mendengar sendiri kalimat dari salah satu wali murid sekolah kurang lebihnya mengatakan ‘:” Pekerjaan di Ngemplak Kidul relatif mudah sehingga biarpun anak saya tak lulus sekolah, tak apa-apa kan masih bisa bekerja dibidang tepung tapioka”. Nah tantangan diatas perlu disikapi bersama dengan bijak dan jangka panjang. Nilai-nilai agama penting diterapkan demi masyarakat yang kuat imannya.

Inovasi kreatif mengembangkan industri tepung tapioka.

Inovasi kreatif pengembangan industri tepung tapioka agar kedepannya lebih bervariasi produknya ( tak hanya tepung tapiioka saja namun ada varian lain misal makanan khas lokal terbuat dari tepung atau ketela ) juga industri yang ramah lingkungan. Bagaimana generasi Ngemplak Kidul berinovasi kreatif mengolah ‘lindur’ ( limbah cair tepung ) menjadi bahan yang maksimal manfaatnya ). Bahkan menurut saya sungai di.desa ini kelak bisa bersih bisa dijadikan wisata alam. Ini saya kira tidak berlebihan karena sudah banyak daerah yang mengembangkan.Ada yang menjadikan wisata, dan agro bisnis handal. Tentunya peran Pemerintah Desa dan didukung masyarakat desa ini sangat diharapkan kerjasama dan pengelolaan maksimalnya.

Beberapa lembaga pendidikan yang berada di Desa Ngemplak Kidul

Madrasah, sekolah dan pondok pesantren di Ngemplak Kidul :

1. Madrasah Manabiul Falah (MTs, MA)
2. Madrasah Darun Najah ( RA, MI, MTs, MA)
3. SDN 01 & 03 Ngemplak Kidul
4. Dan banyak TPQ metode qira’ati dan yanbu’
5. Kursus-kursus pendidikan dan ketrampilan

Sedangkan beberapa pesantren di Ngemplak Kidul ( Pengasuh dan santri ):

1. PP Putra&Putri Darun Najah (KH Muslich AR)
2. PP Putra & Putri Nurul Ikhsan (K. Hasan Abd)
3. PP Putri Darus Salam (K. Abdul Nasir Khaliq)
4. PP .Darul Huda putra & putri ( K.Ahmad Muzayyin)
5. PP.Al Anwariyah putra & putri ( KH.Mahsun ZA )
6. PP. Mambaul Husna putra & putri ( KH.Rifa’i)
7. PP. Putri Nurul Qur’an ( KH.Thoha Ismail / Hj.Amirotun Ni’mah )
8. PP. Putri Ibu Hj. Khodijah ( Ibu Sasi )
9. PP. PMH Mathaliul Huda ( KH.Subakir Muzayyin Haramain )
Dan beberala majlis ta’lim pengajian.
(Dokumen : Imam Muhlis Aly).

Disamping rentetan acara dari tanggal 7 Sapar hingga puncaknya haul 10 Sapar Mbah Ronggo kusumo juga setiap 10 Sapar ada kirab karnaval seni budaya dengan bertemakan HUT 10 Sapar bersih Desa Ngemplak Kidul. Tiap RT hampir semua menyuguhkan penampilan Marchimg band dan atraksi seni.lainnya Pengajian shalawatan , .Seni kstoprak, wayang, dangdut dan sejenisnya juga menyemarakkan acara saparan ini.

Kirab 10 Sapar Desa Ngemplak Kidul ini terbesar di Kabupaten Pati. Dan ribuan penonton memadati jalan raya dan gang diwilayah ini.

Kita berharap masyarakat Ngemplak Kidul tetap relijius, kondusif, aman, rukun, sejahtera dan maju. Amin.

Waalaikumussalam Wr. Wb.

Penulis :
Imam Muhlis Ali

Source Of Tentang Desa Ngemplak Kidul From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *