Turunkan Stunting, Pemkab Pati Tingkatkan Koordinasi Lintas Sektoral

1 min read

Turunkan Stunting, Pemkab Pati Tingkatkan Koordinasi Lintas Sektoral

PATI, LENSAPATI.COM

Untuk mencukupi kriteria yang telah dipersyaratkan, bertempat di Ruang Aula Garuda Bappeda Kabupaten Pati, Rabu, 25 Mei 2022, dilaksanakan rapat koordinasi tentang penilaian kinerja terhadap aksi konvergensi penurunan stunting yang sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 30 sampai dengan 31 Mei 2022.

Perangkat Daerah yang terlibat dalam aksi tersebut, melaksanakan koordinasi dengan melihat kondisi eksisting penurunan stunting pada tahun 2021 sebagai bahan evaluasi. Kepala Bappeda Pati, Mohtar dalam sambutannya mengatakan bahwa kita perlu menyiapkan paparan atau presentasi yang isinya memuat antara lain kebijakan strategis apa yang sudah dilakukan. Regulasi apa yang sudah dibentuk, hasil apa yang sudah didapat serta seberapa jauh perubahan penurunan stunting di Kabupaten Pati dengan didukung oleh dokumentasi kelembagaan dan publikasi yang masif.

Pemerintah selama ini sudah melakukan perhatian khusus terhadap penurunan stunting mulai sejak perencanaan sampai dengan penganggaran. Hal ini terbukti dengan terbitnya beberapa regulasi sebagai daya ungkit, dimulai dari terbitnya Peraturan Bupati Pati nomor 38 tahun 2020 tentang kewenangan desa dalam penanganan stunting dan dilanjutkan dengan terbitnya beberapa keputusan Bupati sebagai turunannya.

Selain regulasi, pemberdayaan masyarakat, data cakupan, data sebaran, dukungan biaya operasional termasuk dari Dana Desa , potensi keberlanjutan serta inovasi sudah diciptakan oleh Pemerintah Kabupaten Pati sebagai upaya dalam penanganan penurunan angka stunting.

Harapan kedepan Pemerintah Kabupaten Pati mendapatkan nilai yang baik dari hasil evaluasi kinerja tersebut dan tentunya bagi perangkat daerah yang terlibat dalam aksi penurunan stunting akan terus berkontribusi positif dan aktif serta ada kesinambungan dan keberlanjutan dalam menangani stunting di Kabupaten Pati.

(*)

Berita Viral Berjudul Turunkan Stunting, Pemkab Pati Tingkatkan Koordinasi Lintas SektoralSebelumnya Sudah Tayang di LENSAPATI(*)com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *