Webinar Ekonomi, Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

2 min read

Webinar Ekonomi, Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

Webinar Ekonomi, Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

DI MASA PANDEMI BERSAMA Bapak Mumu Mubarok, S.S., M.E.I., C.I.R.B.D
MARGOYOSO, PATINEWS.COM

Peserta Webinar Ekonomi yang diselenggarakan oleh KKN MDR SUPER IPMAFA mendapatkan kesempatan berharga memperluas pengetahuan bersama Bapak Mumu Mubarok, S.S., M.E.I., C.I.R.B.D.

Beliau merupakan Direktur PT BPR Syariah Artha Mas Abadi serta dosen Institut Pesantren Mathali’ul Falah.

Acara Webinar ekonomi bersama Bapak Mumu Mubarok, S.S., M.E.I., C.I.R.B.D ini diselenggarakan pada hari Ahad, 19 September 2021 dengan tema “Cerdas Mengatur Keuangan di Masa Pandemi” acara ini memantik banyak pertanyaan dari peserta yang antusias mengikuti webinar dari awal sampai akhir.

Bapak Mumu Mubarok, S.S., M.E.I., C.I.R.B.D menyampaikan materi seputar mengatur keuangan di masa pandemi. Beberapa yang disampaikan mulai dari manajemen uang dalam perspektif islam, bagaimana cara mendapatkan dan mendistribusikannya.

Beliau memaparkan 4 tipe keuangan manusia yaitu orang yang banyak waktu tapi tidak punya uang seperti pengangguran, orang yang banyak uang tapi tidak punya waktu seperti CEO perusahaan, orang yang memiliki uang sedikit tapi tidak memiliki waktu seperti pegawai, dan orang yang punya banyak uang dan banyak waktu bisa disebut dengan sleeping investor.

Webinar ekonomi ini berjalan dengan semangat dan intetaktif antara narasumber dan peserta dalam rangka untuk menambah ilmu pengetahuan serta memantik banyak pertanyaan seputar mengatur keuangan yang dialami masyarakat.

Di antaranya adalah pertanyaan yang terkait pentingnya investas di masa pandemi yang mana pendapatan cenderung menurun akibat pandemi ini.

Menanggapi pertanyaan tersebut Bapak Mumu menegaskan bahwa investasi adalah bentuk tabungan jangka panjang yang memiliki risiko besar. Namun tidak dipungkiri bahwa dengan adanya risiko yang besar itu berimpact pada keuntungan yang besar pula.

Oleh karena itu, menyisihkan uang untuk investasi sangatlah penting, hasil yang diperoleh bukan untuk jangka pendek saja namnun bisa digunakan sebagai jangka panjang dan dana pensiun.

“Jangan sampai teman-teman semua berpikiran bahwa keuntungan yang kita peroleh saat kita melakukan investasi menginginkan keuntungan dalam waktu yang cepat, karena semua itu tidak akan terjadi, harus sabar dan terus berinvestasi” Pesan beliau.

Beberapa hal yang perlu diketahui oleh masyarakat dalam mengelola keuangan di masa pandemi yaitu, pertama adalah mindset cash is king, dalam prinsip ini dapat dipahami bahwa siapa saja yang memiliki uang tunai yang banyak dia adalah raja. Ketika anda mempunyai cukup uang kas maka anda akan merasakan fleksibilitas dalam keuangan.

Kedua Pemasukan dikurangi pengeluaran harus surplus(lebih), disini dapat dipahami bahwa tidak boleh ada besar pasak daripada tiang (pengeluaran lebih banyak dibandingkan pendapatan).

Ketiga Upgrade Knowledge, terus meningkatkan pengetahuan seputar keuangan sehingga kita bisa lebih banyak pilihan untuk memilih pola mengatur keuangan yang tepat untuk diri kita sendiri.

Keempat adalah komitmen sebagai dasar yang kuat untuk niat kita mencapai tujuan yang akan kita capai. Dan yang terakhir adalah belajar kepada mentor untuk mendapatkan informasi serta pengetahuan dari seseorang yang lebih tepat.

(Minggu, 19 September 2021)

Source Of Webinar Ekonomi, Mengatur Keuangan di Masa Pandemi From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *