Join The Navy To See The World !!! TNI AL Panggil Putra-Putri Terbaik Bangsa Bergabung Menjadi Prajurit Jalasena 2024

1 min read

Join The Navy To See The World !!! TNI AL Panggil Putra-Putri Terbaik Bangsa Bergabung Menjadi Prajurit Jalasena 2024

Join The Navy To See The World !!! TNI AL Panggil Putra-Putri Terbaik Bangsa Bergabung Menjadi Prajurit Jalasena 2024

JAKARTA, LENSAPATI.COM

Dengan motto “Join The Navy To See The World”, TNI Angkatan Laut (TNI AL) memanggil putra-putri terbaik diseluruh Indonesia untuk bergabung dididik menjadi prajurit Jalasena dengan membuka rekrutmen jalur Bintara Prajurit Karier (Bintara PK) dan Tamtama Prajurit Karier (Tamtama PK) gelombang I Tahun 2024 yang mulai dibuka pada 5 Desember 2023 s.d. 4 Januari 2024 melalui laman http://al.rekrutmen-tni.mil.id/.

Adapun jadwal validasi pendaftaran dimulai pada 12 Desember 2023 s.d. 4 Januari 2024 di lokasi Panitia Daerah (Panda) masing-masing, seleksi tingkat daerah 5 Januari s.d. 16 Februari 2024 dan Rapat Koordinasi (Rakor) pemanggilan seleksi tingkat pusat pada 20 Februari 2024. Sedangkan untuk tingkat pusat, pemeriksaan dan pengujian pada 20 – 27 April 2024, sidang komisi pantukhir pada 1 Mei 2024, pengumuman tingkat pusat pada 2 Mei 2024 kemudian pembukaan Pendidikan pada 3 Mei 2024.

Para calon prajurit Jalasena juga akan mendapatkan beberapa materi seleksi tingkat daerah yakni pemeriksaan kesehatan umum, psikologi, Mental Ideologi (MI), kesamaptaan jasmani, administrasi dan pantukhir daerah. Sedangkan untuk materi tingkat pusat meliputi pemeriksaan kesehatan, test akademik, pemeriksaan Kesehatan jiwa, kesamaptaan jasmani, pemeriksaan jasmani, psikologi, administrasi dan pantukhir pusat.

Rekrutmen Bintara PK terbuka bagi calon peserta dengan latar belakang Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat, sedangkan untuk rekrutmen Tamtama PK bisa mendaftarkan diri dengan pendidikan minimal SMP atau sederajat. Selain itu, bagi para calon prajurit harus berwarga negara Indonesia; beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.

Persyaratan selanjutnya bagi rekrutmen Bintara maupun Tamtama berusia maksimal 22 tahun dan minimal 17 tahun 9 bulan saat pembukaan pendidikan pertama tanggal 3 Mei 2024 ; sehat jasmani dan rohani termasuk tidak pernah terlibat penggunaan Narkoba; tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap; berkelakuan baik & tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polres setempat) dan lulus seleksi yang dilaksanakan oleh tim Panda serta Panpus yang ditunjuk Kasal.

Pembukaan pendaftaran prajurit TNI AL ini bertujuan untuk merekrut para generasi muda penerus bangsa guna memupuk nasionalisme dan cinta tanah air serta membentuk menjadi calon Jalasena-jalasena muda yang tangguh di atas gelombang samudera, karena prajurit atau pribadi yang tangguh tidak terlahir dari gelombang yang tenang.

Para calon juga akan memiliki kesempatan untuk memperluas cakrawala pengalaman melihat negara-negara diberbagai belahan dunia sesuai motto TNI AL, karena para prajurit Jalasena khususnya yang berdinas di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) memiliki kesempatan untuk berlayar ke negara-negara sahabat, baik dalam misi diplomasi, latihan maupun operasi. Saat ini TNI AL terus berkembang dan berkomitmen dalam memupuk kemampuan dan kesiapannya khususnya dalam rangka membangun TNI AL yang besar, kuat dan professional.

Perlu juga diketahui bahwa TNI AL membuka seluas-luasnya penerimaan bagi siapa saja yang memenuhi syarat untuk mendaftar dan menjamin bahwa penerimaan di TNI AL sangat transparan, terbuka dan fair serta tidak dipungut biaya apapun.

Di tempat terpisah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa generasi muda saat ini merupakan generasi-Z yang akan menjadi penerus pemimpin bangsa yang banyak berkiprah pada masa dekade Indonesia emas pada tahun 2045 nantinya. Keberhasilan para putra-putri bangsa di masa depan, ditentukan oleh kiprah mereka saat ini.

“Peran pendidikan sangatlah penting untuk melahirkan generasi muda yang berkualitas. Pemerintah telah menetapkan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan, sebagai salah satu program prioritas nasional, yaitu meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing”, ungkapnya. (Dispenal)

 

 

sumber : patinews,com