B-Vocard, Bantu Anak Kuasai Bahasa Inggris

1 min read

B-Vocard, Bantu Anak Kuasai Bahasa Inggris

Mahasiswa-Mahasiswi Universitas Negeri Malang berhasil membuat permainan B-VOCARD dengan teringretasi audio dan visualisasi 2 dimensi, yaitu Sigit Riyadi, Nadzimufaqih, Prycilia Maria Bella, Ihsan Khoiri Muzaki, dan Salsabila Firda Hudaya.

Pencetusan ide permainan B-VOCARD ini berawal dari tugas untuk mengikuti kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Pencetusan ide B-VOCARD sendiri diambil dari nama Boardgame-Vocabulary Card. Yang mengusung empat tema yaitu dessert, city, ocean, dan forest.

B-VOCARD juga dilengkapi aplikasi yang bernama B-VOCARD seperti nama produknya. Aplikasi ini berguna untuk memindai kode QR pada setiap kartu agar bisa menampilkan visualisasi 2D dan audio pengucapan. B-VOCARD sendiri berhasil didanai oleh pemerintahan dengan uang pendanaan delapan juta rupiah.

Menurut Sigit Riyadi selaku ketua tim B-VOCARD yang mana alumni dari SMA N 3 Pati, mengatakan bahwa produk permainan B-VOCARD dapat membantu mengatasi masalah anak dalam penguasaan bahasa Inggris terutama pada anak-anak Sekolah Dasar.Selain itu, masih banyak anak-anak Sekolah Dasar yang memiliki kesulitan dalam belajar bahasa Inggris terutama tentang penguasaan kosa kata Bahasa Inggris. Oleh karena itu, Sigit, dkk berinovatif membuat produk permainan B-VOCARD yang dikemas dengan metode belajar dan bermain. Maka dari itu, anak-anak Sekolah Dasar lebih efektif, dan leluasa dalam menambah pengetahuan kosakata mereka dikarenakan produk B-VOCARD menggunakan metode belajar dan bermain.

“Kami bersyukur bisa membuat permainan B-VOCARD ini, dengan permainan ini kami selaku tim B-VOCARD berharap produk ini dapat membantu anak-anak Sekolah Dasar mempelajari bahasa Inggris terutama pada penguasaan kosakata”, ujar ketua B-VOCARD, Sigit Riyadi.

Sebelumnya, tim B-VOCARD telah melakukan uji coba permainan B-VOCARD. Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa produk B-VOCARD dapat membantu anak dalam menambah pengetahuan kosa kata bahasa Inggris lebih leluasa dan efisien. Hal itu disebabkan oleh B-VOCARD yang terintegrasi audio dan visualisasi dua dimensi, sehingga anak dapat mengecek pronounciation serta visualisasi 2D dengan menscan kode QR pada kartu.

Selain itu, Produk B-VOCARD dilengkapi dengan aplikasi dan empat tema, B-VOCARD juga memiliki dadu inovasi sistem satu dan dua, empat bidak, empat pin rewards, dua ratus dadu, dan stiker bila beruntung. B-VOCARD merupakan permainan paket lengkap dengan harga yang terjangkau, Rp. 80.000,00. Dengan harga yang terjangkau, anda sudah bisa menikmati permainan B-VOCARD.

Source Of B-Vocard, Bantu Anak Kuasai Bahasa Inggris From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *