Bangkitkan Kembali UMKM Pati Kidul, Mahasiswa KKN-IK 2021 IAIN Kudus Lakukan Observasi dan Pendataan

1 min read

Penulis: Aminah, (Mahasiswa KKN-IK 2021 IAIN Kudus Kecamatan Pati)

Sabtu hingga Minggu tertanggal 18-19 September 2021, Mahasiswa KKN-IK 2021 IAIN Kudus Kecamatan Pati bersama terjun langsung ke lapangan menjelajahi berbagai UMKM yang ada di daerah kawasan Kelurahan Pati Kidul. Tidak lain bertujuan untuk melakukan observasi serta bantuan pendataan untuk database UMKM di Kelurahan Pati Kidul.

Terdapat banyak sekali UMKM yang ada di Kelurahan Pati Kidul sendiri. Mulai dari bidang kuliner, pengolahan makanan dan minuman, fashion/garmen, dan beberapa bidang lainnya. Memang belum semuanya tercover di database karena adanya beberapa UMKM yang baru terintis, dengan itu para Mahasiswa KKN-IK 2021 IAIN Kudus Kecamatan Pati mencoba melakukan observasi dan bantuan pendataan di beberapa UMKM yang ada. Dimana hasil menunjukkan bahwasannya bidang kuliner serta pengolahan makanan dan minumanlah yang menjadi dominan UMKM di daerah Pati Kidul. 

Selain itu, mengingat adanya pandemi Covid-19 yang melanda negara kita di awal tahun 2020, ternyata memang sangatlah mempengaruhi penjualan hingga pendapatan mereka para pelaku UMKM di daerah Pati Kidul pula. Hal tersebut tidak lain dikarenakan menurunnya daya beli masyarakat yang seharusnya merupakan target dalam penjualan mereka. 

“Karena pandemi ini memang mau tidak mau sekelas sektor manapun pastinya mengalami penurunan. Dan kami para pelaku UMKM berharap semoga keadaan lekas normal sehingga dapat kembali menjalankan usahanya serta dapat tercover dengan baik usahanya,” harap Pak Cahyo selaku Ketua Ekoma (Kelompok Pedagang Kaki Lima UMKM Ekonomi Mandiri) yang juga mewakili harapan para pelaku UMKM se-Kelurahan Pati Kidul.

Dengan adanya kejelasan peraturan yang diberikan pemerintah terkait keadaan saat ini, maka tentu dapat membantu bangkitnya kembali UMKM yang ada di daerah Pati Kidul nantinya.

Source Of Bangkitkan Kembali UMKM Pati Kidul, Mahasiswa KKN-IK 2021 IAIN Kudus Lakukan Observasi dan Pendataan From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *