Barongan, Ritual 10 Saparan di Desa Ngemplak Kidul

1 min read

Barongan, Ritual 10 Saparan di Desa Ngemplak Kidul

Barongan, Ritual 10 Saparan di Desa Ngemplak Kidul

Penulis : Imam Muhlis Ali, S.Pd.I*

Tiba-tiba saat 10 Saparan, anak-anak desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati ingin menonton atraksi barongan. Salah satu dari anak tersebut bernama gilang mengatakan bahwa barongan itu menarik dan “sangar” (jawa :perkasa)

Ditambahkan pula oleh pendapat anak lain bahwa barongan itu menakutkan tapi ingin terus di lihat.

Seperti keterangan dari berbagai sumber bahwa barongan menjadi kesenian yang  populer di kalangan masyarakat Jawa. Kesenian barongan ini merupakan kesenian khas Jawa Tengah.

Filosofi Barongan yakni melambangkan sifat kekeluargaan, kesederhanaan, kekompakan, dan keberanian yang dilandasi oleh kebenaran.

Menurut salah satu sesepuh yang di temui bahwa sudah dari sejak dulu setiap menjelang 10 Sapar di desa Ngemplak Kidul di adakan barongan mengelilingi wilayah desa. “Tradisi ini sejak dulu mas, sebagai ritual bersih desa”, ujar pria tua yang tidak mau disebutkan namanya.

Setiap menjelang 10 Sapar, memang desa Ngemplak Kidul selalu menghadirkan kesenian barongan. Barongan yang berjenis ular naga berkepala singa tersebut biasanya di pamerkan secara atraktif di sepanjang jalan mengelilingi desa. Tujuan menampilkan kesenian barongan salah satunya yakni meneruskan tradisi ritual bersih desa, dimana harapannya masyarakat di berikan kesejahteraan, keselamatan dan kemakmuran. Agar tercapai itu masyarakat harus menunjukkan kekompakan dan kekeluargaan sesuai filosofi barongan di atas.

Diharapkan kita semua dapat memetik nilai-nilai filosofis barongan di atas yakni kekompakan, kekeluargaan dan keberanian dalam hal melakukan kebaikan. Agar selanjutnya tercapai masyarakat yang harmonis, sehahtera, makmur dan menjaga warisan seni budaya bangsa sendiri yang sesuai dengan kepribadian bangsa dan ajaran agama.

Foto : penampilan kesenian barongan di desa Ngemplak Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati

*Anggota Pengurus Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama’ Kecamatan Margoyoso

Source Of Barongan, Ritual 10 Saparan di Desa Ngemplak Kidul From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *