Bukan Berasal dari Pati, Roti Gembong Ternyata Kuliner Khas Kalimantan

56 sec read

Bukan Berasal dari Pati, Roti Gembong Ternyata Kuliner Khas Kalimantan

Bukan Berasal dari Pati, Roti Gembong Ternyata Kuliner Khas Kalimantan

FOOD, PATINEWS.COM

Sekilas mendengar nama Roti Gembong, pasti kita mengira itu adalah roti yang berasal dari Kecamatan Gembong, Pati, Jawa Tengah. Namun, setelah ditelisik roti yang ini lagi hits dan ada outlet di Kota Pati tersebut, ternyata adalah kuliner khas dari Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Roti gembong adalah salah satu kuliner asli dari kota Kutai Kartanegara yang memiliki tekstur lembut dengan rasa manis gurih yang khas. Sekilas bentuknya mirip dengan roti tawar, namun didalamnya ada selai dengan berbagai macam rasa.

Kenapa Disebut Roti Gembong (asal usul)

Nama gembong, menurut catatan kami, berasal dari tekstur roti yang terlihat mengembang di bagian atas, ketika roti ini digigit, bagian selainya bisa meluber ke samping. Namun isiannya tidak akan membuat rasa enek. Rasa asli roti gembong adalah gurih manis, tanpa isian pun roti dari pulau Borneo ini sudah memanjakan lidah.

Hmmm… Sudah coba? atau masih ngarep ini Roti dari gembong. Bisa saja nih suatu saat ada roti dari tape gembong. Mengingat di Bandung sudah lama ada roti dari olahan Peuyem.

(/red*)

Source Of Bukan Berasal dari Pati, Roti Gembong Ternyata Kuliner Khas Kalimantan From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *