Cara Mengatasi Panu, Kadas Kurap Dan Kutu Air

2 min read

Cara Mengatasi Panu, Kadas Kurap Dan Kutu Air

Cara Mengatasi Panu, Kadas Kurap Dan Kutu Air

Jamur hidup di sekitar Anda di udara, tanah, air, dan tanaman. Sebagian jamur bahkan hidup alami di kulit dan bisa jadi menguntungkan atau merugikan. Oleh karena jamur sangat sulit dihindari, infeksi jamur kulit merupakan hal yang biasa terjadi. Jamur merugikan dapat tumbuh pesat di kulit, terutama ketika sistem imun menurun.

Jenis infeksi jamur kulit yang paling umum ditemukan termasuk: panu  (white spots), kutu air, infeksi jamur kuku, infeksi jamur selangkangan, kadas/kurap, dan infeksi jamur lainnya. Kondisi tersebut dapat menular, karena jamur dapat berpindah dari satu bagian tubuh ke bagian lain saat Anda menggaruk, dan ke orang lain. Tak hanya melalui kontak kulit saja, penularan juga dapat melalui berbagi pakaian atau handuk dan kontak dengan permukaan dan objek yang terkontaminasi. Oleh karena itu menjaga kebersihan diri sangat penting untuk mencegah infeksi jamur di kulit.

Kebiasaan menjaga kebersihan dengan baik dapat membantu mengurangi risiko infeksi jamur kulit, mencegah infeksi muncul kembali, dan juga mencegah penularan. Penting untuk diingat bahwa jamur tumbuh di lingkungan hangat dan lembap, jadi menjaga kulit tetap bersih dan kering merupakan tips pencegahan pertama dan paling penting.

Jika Anda tidak menjaga kebersihan, memiliki kaki yang mudah berkeringat atau tidak mengeringkan kaki dengan benar setelah mandi, kulit Anda lebih berisiko mengidap infeksi jamur.

Menggunakan pakaian bersih juga membantu mencegah infeksi. Hal ini berlaku juga pada seprai kasur yang dapat mudah lembap karena menyerap keringat di malam hari, pastikan untuk mengganti seprai secara rutin untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Jamur mudah ditemukan di tempat umum sepeti kolam renang, gym, dan pemandian yang termasuk tempat-tempat dengan kondisi lembap dan panas. Untuk mencegah tertular infeksi jamur di tempat tersebut, selalu disarankan untuk lebih berhati-hati. Contohnya, Anda mungkin perlu memastikan untuk memakai sandal di pemandian umum. Selain itu, jangan pernah memakai handuk secara bersamaan. Lebih baik, selalu bawa handuk sendiri yang sudah dicuci dan dikeringkan di rumah setelah digunakan di tempat umum.

Perhatikan kondisi kaki untuk mencegah atau menghentikan infeksi jamur agar tidak muncul kembali seperti kutu air.

Ikut tips sederhana ini:

Sepatu dan kaos kaki:

Pilih kaos kaki yang tipis seperti yang berbahan katun

Hindari memakai sepatu yang panas atau yang menekan kuku

Gunakan sandal di pemandian gym dan kolam renang untuk menghindari infeksi jamur

Lepaskan sepatu ketika di rumah agar kaki bisa bernapas.

Perawatan kaki dan kuku:

Hindari menggunakan aksesoris kuku yang sama pada jari yang normal dan yang terinfeksi
Jaga kuku agar tetap pendek dan bersih
Jika punya, bawa sendiri aksesoris kuku seperti gunting, pemotong, dan lainnya ke tempat perawatan kuku
Pastikan peralatan perawatan kuku sudah bersih dan disterilisasi jika pergi ke salon

Canesten® Klotrimazol 1% Krim Antijamur
Canesten Klotrimazol 1% Krim Antijamur untuk pengobatan infeksi jamur seperti kutu air, panu, kadas/kurap, dan ruam popok karena jamur.

Cara pemakaian

Oleskan krim Canesten® secukupnya pada daerah kulit sakit 2 – 3 kali sehari. Dapat juga digunakan sebagai pengobatan lanjutan untuk mencegah berjangkitnya kembali penyakit jamur pada kulit/lipatan – lipatan kulit. Perkembangan positif dengan hilangnya rasa gatal biasanya terjadi dalam minggu pertama pengobatan. Jika tidak memperlihatkan perkembangan positif setelah 4 minggu maka diagnosa harus diulang.

Source Of Cara Mengatasi Panu, Kadas Kurap Dan Kutu Air From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *