Covid-19 Masih Ada, Tetap Terapkan Prokes

1 min read

Covid-19 Masih Ada, Tetap Terapkan Prokes

Covid-19 Masih Ada, Tetap Terapkan Prokes

Penerapan protokol kesehatan perlu di lakukan dengan ketat karena itu adalah suatu hal yang penting di Era New Normal ini. Kita harus menjaga pola hidup sehat, dengan olahraga, makan makanan yang sehat, dan yang paling penting jangan stres. Karena masih banyak masyarakat yang masih belum paham tentang apa itu New Normal jadi mereka beranggapan tidak perlu lagi menerapkan protokol kesehatan padahal itu adalah anggapan yang salah, justu di Era New Normal ini kita harus lebih memper ketat protokol kesehatan sabab kita tidak tau apakah di sekitar kita ini ada virus terutama virusCovid-19 atau tidak.
Corona Virus DiseaseĀ 2019 (Covid-19) dinyatakan oleh WHO sebagai pandemi dan Pemerintah Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah menyatakan Covid-19 sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat yang wajib dilakukan upaya penanggulangannya.
Salah satu cara untuk mencegah penularan Covid-19 adalah dengan menerapkan 3M. yaitu, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menghindari kerumunan. Dengan penerapan 3M atau biasa disebut dengan protoko, kesehatan inilah diyakini dapat meminimalisir penularan Covid-19.
Kesadaran masyarakat akan pentingnya penerapan 3M ini dirasa masih sangat rendah, sebagaimana tercermin dalam penelitian yang di lakukan oleh Kinten Nafa Aulia. Sampai saat ini masih banyak masyarakat yang masih belum menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat perlu di berikan edukasi untuk menigkatkan pemahaman masyarakat pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.
Pada penelitian tersebut kemudian dilakukan sosialisasi pentingnya penerapan protocol kesehatan melalui poster dengan metode wafagram (Share on WA, Facebook, and Instagram). Hasil dari survei yang dilakukan, penggunaan poster dengan metode wafagram (Share on WA, Facebook, and Instagram) memiliki dampak yang cukup besar. Masyarakat menjadi lebih paham bagaimana menerapkan prokes dengan baik dan benar, respon dari masyarakat nya pun sangat bagus, metode yang dipakai oleh Kinten Nafa Aulia cukup efektif untuk menaikkan pemahaman masyarakat.
Dengan adanya peningkatan pemahaman pentingnya prokes, diharapkan meningkat pula kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan di era New normal ini, dengan menggunakan masker dobel yaitu yang lapisan pertama menggunakan masker medis lapisan ke dua menggunakan masker kain, menjaga jarak, mencuci tangan dan membawa hand sanitizer kamanapun, karena pandemi sepenuhnya belum hilang.

Penulis
Nama : Sri Puspita Ardianti
Prodi : Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Source Of Covid-19 Masih Ada, Tetap Terapkan Prokes From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *