Dosen Pembimbing Lapangan Monitoring Peserta KKN-IK IAIN Kudus di Tambakromo

1 min read

Dosen Pembimbing Lapangan Monitoring Peserta KKN-IK IAIN Kudus di Tambakromo

Dosen Pembimbing Lapangan Monitoring Peserta KKN-IK IAIN Kudus di Tambakromo

TAMBAKROMO, PATINEWS.COM

September 24, 2021- Monitoring dan Evaluasi Peserta KKN-IK IAIN Kudus Kecamatan Tambakromo oleh Dosen Pembimbing Lapangan. Kegiatan dimulai pukul 09.00 – 10.30 WIB yang bertempat di Pondok Pesantren Tarbiyatul Muta’alimin Tambakromo, letaknya yang strategis dilengkapi dengan taman yang indah membuat mahasiswa/i peserta KKN-IK IAIN KUDUS Kecamatan Tambakromo nyaman. Pada kesempatan tersebut peserta KKN-IK IAIN KUDUS Kecamatan Tambakromo diwajibkan untuk hadir dan memakai seragam jas KKN-IK IAIN KUDUS.

Monitoring KKN-IK IAIN KUDUS Kecamatan Tambakromo oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) terhadap peserta bertujuan untuk mengetahui perkembangan kegiatan peserta KK-IK IAIN KUDUS di masing-masing desa Kecamatan Tambakromo, baik yang sudah telaksana maupun belum terlaksana. DPL tidak segan-segan memberikan motivasi terhadap mahasiswa/i peserta KKN-IK IAIN KUDUS Kecamatan Tambakromo dan memberikan saran atau arahan terhadap mahasiswa/i peserta KKN-IK IAIN KUDUS Kecamatan Tambakromo.

Menghadapi Pandemi Covid-19 IAIN Kudus mengusung kegiatan Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Kompetensi (KKN-IK) mandiri bagi mahasiswa/i yang berdomisili di Kabupaten Pati, salah satunya KKN-IK IAIN KUDUS di Kecamatan Tambakromo. Kegiatan KKN-IK IAIN KUDUS di Kecamatan Tambakromo mahasiswa/i peserta KKN-IK melaksanakan kegiatan KKN-IK di desa tempat domisili masing-masing.

Monitoring dimulai dengan mahasiswa/i peserta KKN-IK IAIN KUDUS Kecamatan Tambakromo menjelaskan beberapa kendala lapangan saat Pelaksanaan Program Kerja KKN-IK di desa masing-masing. “Kendala yang saya rasakan adalah saat pendataan UMKM kebanyakan mengira kita mendata UMKM yang akan dapat bantuan”. Ungkap Miftahur Rohmah selaku mahasiswi peserta KKN-IK IAIN KUDUS di Desa Tambahagung. Kendala lain ada di Desa Angkatan Kidul dan Tambakromo tentang operasional website desa yang tidak aktif hingga mahasiswa peserta KKN tidak bisa mengaksesnya.

“Alhamdulillah website Desa Angkatan Kidul sudah dapat dioperasionalkan kembali untuk aktif dikelola setelah kami bersama Bu Risha selaku perangkat Desa Angkatan Kidul menanyakan ke pihak Kecamatan Tambakromo dan Disperdes Pati” Ungkap Dwi Nur Kholifah selaku mahasiswi peserta KKN-IK IAIN KUDUS di Desa Angkatan Kidul.

Adanya beberapa kendala tersebut dosen pembimbing lapangan (DPL) KKN-IK IAIN KUDUS Kecamatan Tambakromo mengevaluasi dan memberikan opsi lain sehingga mahasiswa/i peserta KKN tidak merasa kebingungan. “Nah, kalau mengenai dengan pengoperasionalan website desa sudah tidak aktif sehingga kalian tidak bisa mengakses atau membantu untuk meng-update kegiatan kalian bisa memanfaatkan media internet lain”. Kata DPL Asror.

Selain membicarakan beberapa kendala, mahasiswa/i peserta KKN juga menyampaikan agenda ke depan dan meminta arahan kepada DPL KKN-IK IAIN KUDUS Kecamatan Tambakromo. Beberapa hasil Program Kerja KKN-IK IAIN KUDUS yang sudah terlaksana sesuai ruang lingkup yang ada yaitu meliputi Pendataan UMKM, Pengoperasionalan Website Desa, dan Kegiatan Literasi (Agama, Sains, Sosial, dan Politik).

Penulis: Anis Sya’adah (Pemikiran Politik Islam) dan Dwi Nur Kholifah (Manajemen Dakwah)

(*).

Source Of Dosen Pembimbing Lapangan Monitoring Peserta KKN-IK IAIN Kudus di Tambakromo From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *