Edukasi Pentingnya Berolahraga di Era Pandemi

2 min read

Edukasi Pentingnya Berolahraga di Era Pandemi

Edukasi Pentingnya Berolahraga di Era Pandemi

Oleh: Afif Abdullah

Olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana, terstruktur, dan berkesinambungan yang melibatkan gerakan tubuh berulang dengan aturan aturan tertentu yang ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan prestasi.

Masyarakat kita lebih sesuai jika menggunakan terminologi aktivitas fisik karena banyak sekali syarat yang harus dipenuhi untuk mengatakan bahwa suatu hal yang kita lakukan itu adalah olahraga.

Masyarakat kita melakukan aktivitas fisik yang mirip dengan olah raga tertentu. Olahraga yang sebenar-benarnya olahraga dilakukan oleh atlit profesional.

Apa hubungannya antara aktivitas fisik dan pandemi COVID-19? Kita telah mengetahui bahwa transmisi COVID-19 melalui kontak langsung. Kita tidak pernah tahu siapa saja yang terkena karena cakupan pemeriksaan diagnostik untuk COVID-19 masih sangat rendah di Indonesia.

Hal yang dapat kita lakukan adalah menjaga diri dan lingkungan dari kemungkinan tertular. Aktivitas fisik diketahui memberikan kita banyak manfaat dalam hal kesehatan, termasuk dalam menghadapi pandemi COVID-19. Aktivitas fisik harus tetap dilakukan sedangkan sedang pandemi. Kita harus mengetahui aktivitas fisik yang aman dilakukan pada saat pandemi.

Terdapat dua hal yang dapat kita lihat disini yaitu aktivitas fisik yang tetap harus dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran serta adanya pandemi yang membuat kita tidak dapat melakukan aktivitas fisik dengan leluasa seperti sebelumnya.

Keterbatasan kita untuk bergerak pun terjadi saat pandemi ini. Kita begitu berhati-hati supaya tidak ada transmisi virus padahal pergerakan tubuh sangat penting. Kita semua harus bergerak secara aktif, tidak memandang berapa usia kita.

Saat berada dalam sutu posisi tertentu, duduk misalnya, harus ada waktu 3-5 menit untuk berdiri, berjalan dan melakukan peregangan. Aktivitas seperti ini akan membantu membuat otot lebih rileks, meningkatkan sirkulasi darah dan aktivitas otot. Aktivitas fisik rutin juga akan membantu kita memiliki waktu khusus untuk aktivitas fisik bersama keluarga dan teman.

Aktivitas fisik yang rutin dilakukan dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi, manjaga berat bedan dan menurunkan resiko penyakit jantung, strok, diabetes dan beberapa penyakit lain.

Aktifitas fisik juga dapat meningkatkan kekuatan otot dan tulang, meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas dan kebugaran. Pada orang tua, peningkatan keseimbangan karena aktivitas fisik dapat mengurangi kejadian jatuh atau cedera. Pada anak aktivitas fisik akan mendukung tumbuh kembang yang sehat dan mengurasi resiko-resiko penyakit yang bisa terjadi.

Anak-anak juga dapat mengembangkan kemampuan gerakan dan sosial saat beraktivitas fisik bersama teman-teman mereka. Terlihat bahwa adanya pandemi membuat beberapa perubahan pada sisi fisik, sosial dan mental dari manusia sedangkan aktivifitas fisik memiliki banyak sekali manfaat untuk kepentingan kesehatan fisik, sosial dan mental, baik untuk dewasa maupun anak-anak.

Pandemi sedang terjadi dan membuat kita harus menjaga jarak, memakai masker, melakukan etika bersin dan batuk, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menghindari keramaian dan mengusahakan diri tetap berada di rumah. Aktivitas fisik tetap harus dilakukan karena banyak manfaatnya untuk tubuh kita bahkan di saat pandemi.

Aktivitas fisik dapat dilakukan sesuai umur, jenis, dimulai dengan pemanasan terlebih dahulu dengan intensitas ringansedang dan direkomendasikan untuk dilakukan di rumah atau sekitar rumah. Aktivitas fisik di luar rumah selama pandemi masih boleh dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan.

(*).

Source Of Edukasi Pentingnya Berolahraga di Era Pandemi From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *