Hal yang Dapat Membuat Mandi Wajib Jadi Tidak Sah

2 min read

5 Tips Melakukan Aktivitas Seksual di Kamar Mandi, Tetap Hati-hati!

5 Tips Melakukan Aktivitas Seksual di Kamar Mandi, Tetap Hati-hati!

Sebagai umat muslim yang baik pastinya kita tahu bagaimana cara untuk menjalani perintah Allah dan juga menjauhi segala larangan yang telah Allah buat. Sebagai umat muslim yang baik Anda harus hidup dengan menjalankan segala sesuatu yang baik.

Sebagai umat muslim yang baik juga Anda harus bisa membersihkan diri dari hadas besar dengan cara mandi. Mandi ini biasa disebut dengan mandi wajib. Ada beberapa penyebab yang membuat seseorang harus mandi wajib, diantaranya setelah melahirkan, haid, berhubungan seks, dan juga orang yang meninggal. Saat mandi wajib ini Anda harus melakukannya dengan benar supaya mandi Anda sah, ini dia beberapa hal yang bisa menyebabkan tata cara mandi wajib haid Anda tidak sah:

  • Tidak melakukan dengan benar

Saat dilakukan dengan tidak benar pastinya mandi wajib Anda ini tidak sah. Menutut Ibnu ‘Abbas ra, bahwa Maimunah beliau berkata, “Aku pernah menyediakan air mandi untuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu, beliau menuangkan air pada kedua tangannya dan mencuci keduanya dua kali-dua kali atau tiga kali. Lalu dengan tangan kanannya beliau menuangkan air pada telapak tangan kirinya, kemudian beliau mencuci kemaluannya. Setelah itu beliau menggosokkan tangannya ke tanah. Kemudian beliau berkumur-kumur dan memasukkan air ke dalam hidung. Lalu beliau membasuh muka dan kedua tangannya. Kemudian beliau membasuh kepalanya tiga kali dan mengguyur seluruh badannya. Setelah itu beliau bergeser dari posisi semula lalu mencuci kedua telapak kakinya (di tempat yang berbeda).” (HR. Bukhari no. 265 dan Muslim no. 317)

Niat sebelum mandi wajib ini sangatlah penting, jadi ketika Anda tidak membaca niat saat mandi maka mandi wajib Anda sudah pasti tidak sah. Bacalah niat mandi ini cukup di dalam hati saja tanpa mengeluarkan suara apapun.

  • Tidak menggunakan air bersih

Saat Anda berniat untuk mensucikan diri Anda pastikan Anda mandi wajib dengan air bersih, tapi jika memang keadaan Anda sulit untuk mendapatkan air bersih Anda bisa mandi wajib dengan melakukan tayamum. Untuk cara tayamun saat mandi wajib ini caranya tidak terlalu sulit.

  • Ada anggota badan yang masih kering

Saat ingin menghilangkan hasas besar dengan cara mandi wajib, Anda ini harus membuat seluruh badan anda basah. Kewajiban Anda untuk membasahi seluruh tubuh ini hukumnya wajib. “Dahulu, jika Rasulullah SAW hendak mandi janabah (junub), beliau membasuh kedua tangannya. Kemudian menuangkan air dari tangan kanan ke tangan kirinya lalu membasuh kemaluannya. Lantas berwuduk sebagaimana berwuduk untuk solat. Lalu beliau mengambil air dan memasukkan jari-jemarinya ke pangkal rambut. Hingga beliau menganggap telah cukup, beliau tuangkan ke atas kepalanya sebanyak 3 kali tuangan. Setelah itu beliau guyur seluruh badannya. Kemudian beliau basuh kedua kakinya.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

  • Saat mandi rambut tidak terurai

Bagi kalian yang memiliki rambut yang panjang sebaiknya tidak mengikat rambut saat Anda mandi wajib, karena hal ini bisa menyebabkan air jadi tidak masuk ke sela-sela rambut dan menjadikan mandi wajib Anda tidak sah.

  • Adanya kotoran dalam kuku

Kotoran kuku ini bisa membuat Anda tidak sah saat mandi wajib karena jika Anda memiliki kotoran kuku, air ini bisa terhalang untuk membersihkan seluruh badan Anda. Jadi pastikan bersihkan kuku Anda sebelum mandi wajib.

Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga selesai ya!

Source Of Hal yang Dapat Membuat Mandi Wajib Jadi Tidak Sah From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *