Inovasi Terbaru Dalam Dunia Pendidikan

2 min read

Inovasi Terbaru Dalam Dunia Pendidikan

Inovasi Terbaru Dalam Dunia Pendidikan

Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran mencari ilmu pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dari orang atau lembaga pendidikan yang menghasilkan sebuah prestasi.

Pendidikan itu sendiri biasanya dilakukan dengan cara bertatap muka ketemu langsung dengan pendidik dan peserta didik, tetapi berbeda dengan pendidikan ditahun ini. Sekarang dunia sedang mengalami kasus yang sangat besar yaitu Coronavirus disease atau lebih dikenal dengan istilah covid-19. Dengan adanya pandemi Corona ini juga mengakibatkan masalah dalam hal dunia pendidikan.

Pemerintah harus mengambil keputusan untuk mencegah penyebaran virus Corona dengan cara Sekolah Sekolah, Perguruan Tinggi diliburkan agar tidak tertular oleh virus ini.

Diantara kebijakan yang diambil oleh pemerintah, seluruh pelajar bukan diliburkan tapi belajar dari rumah. Pihak sekolah pun selalu memberi tugas pengganti. Sebuah ide baru inovasi pendidikan dalam upaya pencegahan virus ini, dengan cara pembelajaran secara daring dari rumah masing masing. Tetapi dalam hal ini banyak sekali kendala yang harus ditempuh pelajar. Pertama, memerlukan kesiapan perangkat dan tentu kuota atau data internet.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan dipahami sebagai proses, cara, dan perbuatan yang mendidik sehingga bisa menjadikan peserta didik menjadi lebih dewasa, berbudi luhur dalam kehidupan pribadi dan kehidupan bermasyarakat.

Pendidikan pula dapat ditempuh dimana saja dan kapan saja. Dengan terjadinya wabah covid 19 ini, pendidikan dapat dilakukan dirumah dengan cara kita memanfatkan media komunikasi dengan baik. Pendidikan dalam media daring ini juga banyak sekali rintangan yang harus ditempuh oleh pendidik dan peserta didik.

Pendidikan daring ini tidak sepenuhnya lancar, tetapi juga banyak sekali hambatan. Contohnya, peserta didik yang tempat tinggalnya dipelosok desa maka mereka akan mengalami kendala dalam hal signal. Begitu pula pendidik, mereka harus mengantarkan materi ajar kepada peserta didiknya kerumah masing masing.

Pendidikan daring merupakan jawaban pendidikan yang terkendala oleh hambatan geografis. Pendidikan daring melakukan proses pendidikan dimana peserta didik dan guru, dosen, atau instruksi berada dalam tempat yang berjauhan. Kemajuan teknologi dapat mengatasi kendala geografis sehingga tampak muka elektronik dapat dilakukan dalam proses pendidikan, walaupun antara keduanya terpisah dalam jarak dan kondisi geografis yang cukup jauh. Meskipun demikian jarak, waktu dan teknologi tetap merupakan atribut pendidikan. Penerapan teknologi pada pendidikan jarak jauh memiliki pengaruh terhadap konten dan cara penyajian pembelajaran. Tidak semua peserta didik paham atas penjelasan dari gurunya secara jarak jauh, biasanya banyak sekali kendala saat proses pembelajaran jarak jauh dilakukan. Dari hal segi waktu, signal maupun lainnya. Secara umum pedidikan jarak jauh lebih ribet dan susah dipahami peserta didik.
Masyarakat tengah mengeluh karna adanya covid-19 dan juga tentang pendidikan yang di sekolah sekolah diliburkan semuanya. Mutu pendidikan menciptakan suatu hal baru agar pendidikan di sekolah sekolah masih berjalan dengan lancar dengan menggunakan sekolah daring atau melalui lewat media alat handphone. Kualitas sumber daya manusia Indonesia dirasakan belum siap untuk melakukan ini karna ada anak sebagian yang belum mempunyai handphone, tetapi di zaman era globalisasi ini sudah zamannya canggih. Seorang ahli UNESCO yang telah meneliti mengenai usaha-usaha inovasi pendidikan di masa yang lalu melalui usaha dalam rangka untuk meningkatkan pendidikan Indonesia telah mengalami status quo atau kegagalan.
Masyarakat Indonesia sebagai bagian dari masyarakat dunia dewasa ini sedang memasuki suatu era yang bergerak sangat cepat. Era ini disebut era globalisasi yaitu manusia berada di suatu perubahan yang sangat besar yang sedang melanda dunia. Boleh dikatakan tidak ada satu manusia pun juga di dunia yang luput dari gelombang perubahan yang disebut gelombang globalisasi. Dunia pendidikan sebagai suatu lembaga masyarakat tidak terlepas dari gelombang globalisai ini. Suatu konsep inovasi tidak akan terjadi dengan sendirinya. Kondisi-kondisi ini apakah yang memungkinkan terlaksananya inovasi.
Penulis: Ika Yuliani

Source Of Inovasi Terbaru Dalam Dunia Pendidikan From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *