KAP dan Strategi Komunikasi Penanggulangan Stunting, dengan Sasaran Kader Kesehatan dan Ibu Hamil

1 min read

KAP dan Strategi Komunikasi Penanggulangan Stunting, dengan Sasaran Kader Kesehatan dan Ibu Hamil

KAP dan Strategi Komunikasi Penanggulangan Stunting, dengan Sasaran Kader Kesehatan dan Ibu Hamil

PATI, PATINEWS.COM

Pertemuan Sosialisasi Komunikasi Antar Pribadi (KAP) dalam pengendalian stunting di Kabupaten Pati diselenggarakan pada Jum’at, 17 September 2021 di Ruang KembangJoyo Setda Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Kerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro dengan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, dan dibuka oleh Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Kabupaten Pati, Abdul Aniq.

Ir. Martini,M.Kes. pakar dari Universitas Diponegoro, menjelaskan dalam kegiatan ini Undip berperan sebagai fasilitator Komunikasi Perubahan Perilaku (KPP) yang difokuskan pada KAP (Komunikasi Antar Pribadi) dengan sasarannya adalah memberikan strategi komunikasi pada kader kesehatan dan Ibu hamil serta balita yang terkena stunting dengan menggunakan bahasa yang enak dan baik sehingga mudah diterima bagi sasaran stunting dan kesadaran publik dapat meningkat.

Kemudian ditambahkannya, KAP dapat dilakukan secara masif agar permasalahan stunting di Kabupaten Pati dapat segera teratasi karena sebagai amanat dari penanggulangan stunting merupakan prioritas nasional.

Untuk itu, lanjutnya, peran Perguruan tinggi dapat mengawal kegiatan ini yang nantinya kedepan kabupaten/ kota lokus stunting berproses memiliki regulasi strategi komunikasi perubahan perilaku terutamanya KAP.

Adapun Pendampingan dari UNDIP, menurut Martini, meliputi contoh pembuatan penyusunan regulasi komunikasi antar pribadi berupa pembuatan Surat Edaran Bupati, dan Dokumen strategi Komunikasi perubahan perilaku dan KAP.

Adapun draft dokumen strategi komunikasi Pemkab Pati yang telah disusun oleh Dinas Kesehatan dan Bappeda akan diselesaikan dan disempurnakan bulan Oktober mendatang, dan diharapkan akan rampung pada akhir Oktober tahun ini.

Oleh karena itu dimohon OPD pendukung memberikan masukan, sehingga tercipta regulasi dalam hal penurunan stunting melalui strategi komunikasi yang baik.

(*)

Source Of KAP dan Strategi Komunikasi Penanggulangan Stunting, dengan Sasaran Kader Kesehatan dan Ibu Hamil From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *