Keren, TV Channel TK Setya Karya 02 Pasucen Tembus 200 Video

2 min read

Keren, TV Channel TK Setya Karya 02 Pasucen Tembus 200 Video

Keren, TV Channel TK Setya Karya 02 Pasucen Tembus 200 Video

TRANGKIL, PATINEWS.COM

Menjadi guru di Taman Kanak-Kanak (TK) adalah hal yang paling membahagiakan. Berkesempatan bertemu anak-anak setiap hari. Bernyanyi dan bergembira bersama mereka, yang efeknya mungkin bisa membuat awet muda.

Namun, tentunya banyak sekali kewajiban dan tanggung jawab guru yang harus ditunaikan. Salah satunya, sebelum terjun di Taman Kanak-Kanak, guru harus memiliki empat kompetensi dasar mendidik. Kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Selain itu, keterampilan mengajar guru juga sangat berperan dalam menentukan kualitas pembelajaran. Yaitu, keterampilan bertanya, memberi penguatan materi, mengadakan variasi pembelajaran, menjelaskan materi, membuka dan menutup pembelajaran, membimbing diskusi, mengelola kelas, serta keterampilan mengajar kelompok kecil maupun perorangan. Lengkap sekali, bukan?

Termasuk karena adanya pandemi Covid-19 ini, guru memikul beban dan tanggung jawab yang sangat berat. Siap tidak siap pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan). Di mana tujuan pembelajaran daring sendiri adalah untuk memudahkan komunikasi penyampaian materi ajar dalam bidang pendidikan yang dilakukan jarak jauh. Sehingga guru TK pun dituntut untuk kreatif. Sekalipun mendidik anak-anak tanpa tatap muka, dan tanpa menyentuh fisik, namun guru harus bisa mengupayakan agar anak-anak tetap bisa belajar dengan asyik bersama orang tua mereka di rumah.

Hal demikian juga dilakukan oleh TK Setya Karya 02 Pasucen. TK yang beralamatkan di Desa Pasucen RT 03/07, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati. Yang dikepalai oleh Ibu Ita Maryatun, SPd.AUD bersama dengan ketiga pendidiknya yang kompeten, Ibu Jumiyati, Ibu Lilik Nur Hasanatin, SPd. Serta Ibu Iis Kristiawati. Mereka kompak membuat konten-konten pembelajaran yang menarik, kemudian di upload pada kanal youtube TK Setya Karya 02 Pasucen.

Ide pembuatan TV Channel ini bermula jauh sebelum pandemi melanda. Berkat arahan Bapak Drs.Maftukin, MPd. Selaku pengawas TK/SD kecamatan Trangkil kala itu. Beliau memotivasi semua guru TK di kecamatan Trangkil untuk tidak hanya aktif di pembelajaran off line. Namun juga aktif di sosial media. Sehingga TK Setya Karya 02 Pasucen pun konsisten membuat konten sampai saat ini.

Ditambah dukungan dari korwil kecamatan Trangkil, Bapak Ahmad Tamsir, MPd. Guru TK Setya Katya 02 Pasucen semakin kompak dan bersemangat menuangkan ide-ide baru. Membuat beragam video pembelajaran yang hampir dua ratusan jumlahnya. Pengambilan video sendiri dilakukan baik di dalam maupun di luar ruangan dengan android yang dimiliki masing-masing guru. Tentunya dengan proses editing dan back song yang disesuaikan untuk anak-anak.

Sejauh ini, TV Channel TK Setya Karya 02 Pasucen menjadi acuan berbagai lembaga TK di kecamatan Trangkil. Bahkan lembaga-lembaga TK lain di luar kecamatan. Ditambah feed back positif dari wali murid, yang rutin mengirimkan video tugas anak-anaknya melalui whatsapp group. Kemudian oleh guru, video tugas anak-anak tersebut disatukan dengan video pembelajaran yang dibuat oleh guru. Dikemas apik dengan tema dan sub tema serta tumbnile yang menarik. Sehingga memudahkan siapa saja dalam mencari tema-tema pembelajaran yang diinginkan.

Harapannya, TV Channel TK Setya Karya 02 Pasucen ini menjadi teman belajar bagi anak-anak TK di manapun berada. Mengatasi kebingungan orang tua dalam menemani belajar anak. Melenyapkan keresahan anak-anak yang rindu dengan guru dan suasana belajar di sekolah. Karena hakikat pendidikan yang sebenarnya adalah, belajar di mana saja tanpa terikat ruang dan waktu. Mungkin pandemi berhasil menghalangi anak untuk duduk di bangku sekolahnya. Namun, pandemi tak bisa membunuh gairah belajar mereka.

Mohon kritik, saran, serta masukan yang membangun untuk TV Channel TK Setya Karya 02 Pasucen lebih berkembang. Semangat!

Penulis: Iis Kristiawati

Source Of Keren, TV Channel TK Setya Karya 02 Pasucen Tembus 200 Video From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *