KKN-IK IAIN Kudus di Tambakromo Gelar Webinar Ekonomi Kreatif

2 min read

KKN-IK IAIN Kudus di Tambakromo Gelar Webinar Ekonomi Kreatif

KKN-IK IAIN Kudus di Tambakromo Gelar Webinar Ekonomi Kreatif

TAMBAKROMO, PATINEWS.COM

Pada masa pandemi covid-19 saat ini semua kegiatan dilaksanakan secara online, termasuk juga dalam aspek pendidikan. Pemanfaatan teknologi komunikasi sosial media juga dibutuhkan, teknologi yang setiap harinya berkembang menjadikan masyarakat Indonesia semakin mudah mendapatkan informasi serta membantu dalam kegiatan perdagangan online (online shop).

Masa pandemi covid-19 bukan hanya orang yang terinfeksi covid-19 saja yang terkena dampaknya. Salah satu contoh yang ikut terdampak adalah perekonomian masyarakat Indonesia, mulai dari kegiatan usaha skala kecil hingga usaha skala menengah merasakan dampak dari pandemi covid-19.

Sebagaimana latar belakang yang telah disampaikan oleh Dwi Nur Kholifah selaku moderator Kegiatan Webinar Ekonomi Kreatif bahwa adanya pandemi covid-19 meningkatkan jumlah pengangguran pada masyarakat.

Masyarakat penting untuk diberikan bimbingan agar dapat memanfaatkan peluang yang ada, selain itu agar wawasan dan motivasi masyarakat meningkat maka mahasiswa/i KKN-IK IAIN KUDUS Kecamatan Tambakromo menyelenggarakan Kegiatan Webinar Ekonomi Kreatif yang bertema “Strategi Dalam Membangun Perekonomian Masyarakat Di Era New Normal.” Webinar ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat umum tentang meningkatkan dan membangkitkan perekonomian kreatif di Era New Normal. Sasaran webinar ini adalah masyarakat umum dan juga diikuti oleh mahasiswa/i dari berbagai daerah dan praktisi pendidikan. Metode yang digunakan yaitu melalui promosi media sosial menggunakan media partner.

Media partner berperan besar dalam mempromosikan webinar ini. Promosi media sosial yang menjangkau sasaran secara tepat sehingga peserta webinar ini mencapai 61 peserta. Webinar ini menggunakan aplikasi Zoom. Isi dari kegiatan webinar ini yaitu terdapat 2 materi dari ahli dan pelaku usaha. Sehingga peserta mendapat materi dan teknik pelaksanaan secara langsung. Hasil dari webinar yaitu memperoleh ilmu baru dari narasumber dan juga memperoleh sertifikat peserta Webinar. Materi yang didapatkan dari kegiatan Webinar bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan kembali perekonomian setelah diterapkannya New Normal.

Isyrokh Fuaidi, LL.M. selaku narasumber I menyampaikan bahwa untuk menstabilkan kembali perekonomian masyarakat, masyarakat dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan berbisnis melalui strategi digital marketing.

Luqmanul Hakim selaku narasumber II menguatkan pendapat narasumber I dan berkata, “Realisasi strategi digital marketing dalam berbisnis juga perlu dilengkapi dengan penerapan fungsi analis SWOT.”

Rangkaian Kegiatan Webinar Ekonomi Kreatif berlangsung dengan lancar meskipun ada sedikit kendala pada Zoom, kegiatan tersebut dimulai dengan pembukaan oleh MC (Karunia Dwi Susanti), dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Aji Sukma Wahyu Mustawa, mendengarkan dan menghayati Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Sambutan-sambutan (Sambutan Ketua Panitia, Dosen Pembimbing Lapangan, Pemimpin Kecamatan Tambakromo), acara inti “Webinar Ekonomi Kreatif” yang dipimpin moderator, serta diakhiri dengan penutup oleh MC.

Adapun output lain dalam kegiatan webinar tersebut adalah masyarakat bisa membangkitkan atau meningkatkan perekonomian setelah diterapkannya New Normal, New Normal yaitu normal baru atau kehidupan baru setelah terkena dampak covid-19 dengan melakukan berbagai kegiatan di bidang perekonomiaannya, seperti petani, pedagang, pengusaha, peternak agar keadaan ekonomi bisa berjalan normal seperti semula dan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan baik sebelum beraktivitas maupun setelahnya.

Penulis: Anis Sya’adah (Pemikiran Politik Islam) dan Dwi Nur Kholifah (Manajemen Dakwah)

Source Of KKN-IK IAIN Kudus di Tambakromo Gelar Webinar Ekonomi Kreatif From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *