KKN-IK IAIN Kudus Lakukan Pendampingan pada Sejumlah UMKM di Desa Jepalo

1 min read

KKN-IK IAIN Kudus Lakukan Pendampingan pada Sejumlah UMKM di Desa Jepalo

KKN-IK IAIN Kudus Kolaborasi bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Lakukan Pendampingan pada Sejumlah UMKM di Desa Jepalo

Oleh : KKN-IK IAIN Kudus Kec. Gunungwungkal

Pendampingan usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadi salah satu cara dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Minggu, 03 Oktober 2021, mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus bersama Dosen Pembimbing Lapangan melakukan kolaborasi dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui pendampingan pada sejumlah UMKM di Desa Jepalo.

Pendampingan yang dilakukan berupa pemberian label produk dan juga pembuatan akun marketing online untuk membantu pemasaran produk ke dunia luar yang lebih luas.
Pendampingan labeling produk ini dipilih karena label merupakan identitas suatu produk. Melalui label, kita bisa mengetahui jenis apa dan dari mana produk ini berasal. Melalui label produk, dapat menyampaikan informasi mengenai brand, kualitas, legalitas, kode produksi, petunjuk, dan lain-lain. Sehingga memudahkan para konsumen untuk mengetahui informasi produk dan juga menarik minat beli konsumen. Di Desa Jepalo, labeling produk belum banyak digunakan oleh para pelaku UMKM, sehingga mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus berinisiatif untuk melakukan pendampingan ini guna mendongkrak popularitas UMKM yang ada di sana.

Sedangkan untuk pembuatan akun marketplace juga dipilih karena sebagian pelaku UMKM di daerah tersebut hanya melakukan pemasaran offline, belum menyentuh ranah online dan sosial media. Untuk itu dilakukan pendampingan ini guna memberikan pengajaran pemasaran secara digital sehingga jangkauan pasarnya lebih luas dan bisa memperkenalkan produknya ke seluruh penjuru dunia melalui pemasaran online.

Pendampingan ini diharapkan bisa membantu masyarakat Desa Jepalo dalam memperkenalkan produk mereka kepada konsumen luas dan juga dapat meningkatkan produktivitas usaha serta menaikkan profit usaha sehingga mendongkrak perekonomian masyarakat desa tersebut.

Source Of KKN-IK IAIN Kudus Lakukan Pendampingan pada Sejumlah UMKM di Desa Jepalo From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *