Memanfaatkan Limbah Cangkang Telur Sebagai Kerajinan

1 min read

MARGOYOSO, PATINEWS.COM

Masyarakat di indonesia ini merupakan salah satu pengkonsumsi telur yang cukup banyak dari tahun ke tahun dengan hasil olahan makanan yang beragam. Telur merupakan sumber protein dengan harga terjangkau, mudah untuk diolah dan dapat dinikmati setiap kalangan masyarakat mulai dari kelas bawah sampai kelas atas. Banyaknya telur yang dikonsumsi baik telur ayam maupun telur bebek menimbulkan limbah cangkang telur.

Kulit telur akan terus melimpah selama telur diproduksi di bidang peternakan serta digunakan di restoran, pabrik roti dan mie sebagai bahan baku makanan. Konsumsi telur yang begitu banyak dan terus meningkat, pastinya meninggalkan suatu permasalahan lain berupa sampah atau limbah dari cangkang telur tersebut. Tidak seperti telur, Cangkang telur banyak dibunah begitu saja ke tempat-tempat pembuangan sampah. Cangkang telur merupakan lapisan keras yang melindungi telur dari kondisi lingkungan sekitar. Cangkang telur ini berbentuk keras serta memiliki kelebuhan tersendiri. Sayangnya selama ini manfaat cangkang telur masih jarang bahkan tidak begitu diperhatikan sama sekali. 

Limbah cangkang telur mempunyai manfaat yang cukup banyak, salah satunya bisa digunakan dan dimanfaatkan menjadi benda yang mempuyai daya nilai. Pengolahan limbah cangkang telur dapat diubah menjadi kerajinan dan juga cinderamata yang unik dan antik sebagai hasil produk yang ramah lingkungan dan bernilai. Walaupun berasal dari limbah dapur, khususnya ditempat tinggal saya Desa Tunjungrejo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati, banyak dijumpai limbah cangkang telur pada tempat usaha roti dan juga pedagang kaki lima.

Limbah cangkangnya di buang begitu saja, melihat hal tersebut saya tertarik untuk memanfaatkan limbah cangkangnya dan mempraktekkan dengan mengadakan pelatihan kepada anak-anak usia dasar untuk melatih kreatifitas dalam ketrampilan dan kerajinan. Selain itu juga memanfaatkan limbah cangkang telur. Proses pembuatanya cukup sederhana dan mudah. Saya dan anak-anak usia dasar membuat kaligrafi dan figura, cangkang telur ini bisa menjadi komoditi yang baru. Limbah cangkang telur dapat ditanggulangi dengan dijadikan hasil karya yang unik dan menarik.

Sebaiknya sampah yang ada dapur khususnya limbah cangkang telur, bisa dimanfaatkan dan tidak dibuang ke tempat sampah ataupun ke sungai. Perlu diadakan pendekatan dengan masyarakat setempat agar sampah bekas telur bisa dimanfaatkan salah satunya sebagai hiasan dan mempunyai nilai yang sangat menarik untuk dipromosikan.

Penulis : Nilah Ulya

Source Of Memanfaatkan Limbah Cangkang Telur Sebagai Kerajinan From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *