Meningkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

2 min read

Kondisi pandemi seperti saat ini memberikan dampak negatif bagi kehidupan masyarakat. Misalnya saja kondisi kesehatan masyarakat yang mulai menurun. Adanya peningkatan kasus covid di Indonesia menjadikan imunitas masyarakat menurun. Pandemi yang tak berkesudahan membuat sebagian masyarakat mengalami stress dan menjadikan imun menurun.

Masyarakat harus bisa menjaga agar kesehatannya tidak menurun. Di era new normal ini masyarakat harus menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini tidak hanya berupa sekedar berperilaku sehat saja tetapi juga harus menjaga imunitas tubuh. Karena imunitas tubuh menjadi hal yang sangat penting.

Imunitas adalah cara tubuh manusia dalam melawan dan membunuh benda asing seperti bakteri, virus dan lainnya. Virus corona dapat menyerang jika imunitas tubuh kita lemah. Untuk itu kita harus senantiasa menjaga imun agar tidak terserang virus.

Memiliki sistem imun yang kuat adalah cara untuk bisa melawan virus. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Salah satu cara untuk mencegah penyakit yang disebabkan virus corona adalah dengan meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh.

Berikut adalah cara yang harus dilakukan untuk meningkatkan imunitas antara lain yaitu:
1. Konsumsi bahan makanan peningkat kekebalan tubuh
Cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat. Menjaga pola makan merupakan hal yang sangat penting disaat pandemi. Hal ini perlu dilakukan agar imuitas tidak menurun. Agar imun kita meningkat maka perlu senantiasa dijaga dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang selain itu bisa dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, misalnya yang terdapat pada buah jeruk, strowberi, sayur bayam, paprika merah dan brokoli. Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, yaitu terdapat pada wortel, labu kuning dan ubi. Vitamin A memiliki manfaat yang baik bagi tubuh yaitu untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh.
2. Berolahraga dengan rutin
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita bisa melakukan olahraga secara rutin. Melakukan olahraga secara teratur dapat memberikan efek yang sangat baik terhadap sistem imun. Olahraga dapat merangsang kinerja antibodi dan juga sel-sel darah putih bisa bersirkulasi lebih cepat. Sel darah putih merupakan sel kekebalan tubuh yang dapat melawan berbagai penyakit. Melakukan olahraga dengan rutin dapat membantu kita dalam melawan berbagai penyakit.
3. Jangan dehidrasi
Di masa pandemi seperti saat ini, sangat penting bagi kita untuk tetap menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terinfeksi virus. Kita harus memenuhi kebutuhan air bagi tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Saat mengalami dehidrasi, tubuh menjadi cepat lelah, daya tahan tubuh melemah, dan juga lebih mudah terinfeksi oleh virus. Untuk itu dalam sehari kita dianjurkan untuk minum air putih sekitar 8 gelas atau 2 liter.
4. Rajin cuci tangan
Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling banyak bersentuhan dengan benda atau yang lainnya. Telapak tangan adalah salah satu bagian dari tubuh yang paling rentan menjadi sarang bagi virus. Oleh karena itu, tidak boleh terlalu sering menyentuh bagian mata, hidung dan mulut. Karena hal tersebut dapat menjadi penyebab penularan virus yang bisa masuk ke dalam tubuh dan membuat sakit. Salah satu cara untuk dapat melindungi diri dari virus corona adalah dengan melakukan cuci tangan secara rutin. Dengan melakukan kebiasaan untuk cuci tangan maka hal ini dapat membantu mematikan kuman yang ada di tangan. Ketika cuci tangan harus memakai sabun dan menggunakan air yang bersih.
5. Hindari stress
Cara meningkatkan imun tubuh yang paling penting adalah mengelola stress dengan baik. Jika kita tidak bisa mengelola stress dengan baik maka dapat memicu adanya produksi hormon kortisol dalam jumlah besar. Untuk mengelola stress bisa dilakukan dengan berolahraga, melakukan kegiatan yang disukai dan selalu berfikir positif. Salah satu faktor penurun imunitas adalah stress. Kita harus mengindari stress agar imunitas bisa meningkat.
Dalam kondisi pandemi sekarang ini, selain menjaga pola hidup sehat perlu juga menjaga daya tahan tubuh atau imun. Imun merupakan sistem yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk menjaga imunitas tubuh.

Sumber Referensi:
https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjhsr/article/download/6134/2200

Source Of Meningkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19 From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *