Pandemi, ini Strategi Penjualan yang Efektif

2 min read

Pandemi, ini Strategi Penjualan yang Efektif

Pandemi, ini Strategi Penjualan yang Efektif

Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini telah merubah segala hal, termasuk dalam bidang ekonomi. Hampir seluruh pedagang sangat merasakan dampak dari Pandemi ini.

Diantaranya seperti pedagang kaki lima, pedagang sembako, pedagang makanan, dan lain sebagainya. Agar dapat bertahan, pedagang harus beradaptasi dan mengubah strategi penjualannya. Kreativitas dalam melakukan branding itu mutlak harus dilakukan, terlebih di saat pandemi seperti ini.

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan untuk bisnismu agar tetap bertahan saat menghadapi situasi seperti ini? Yuk, simak strateginya berikut!

Strategi Marketing Online
Perkembangan e-Commerce pada masa sekarang sangatlah pesat, dengan dukungan platform aplikasi penjualan online dan e-payment dan jasa kurir, tentulah peluang ini dapat dimanfaatkan oleh UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Melalui strategi marketing secara online maka tidak perlu untuk bertemu pelanggan secara langsung, semua dapat dilakukan baik melalui aplikasi maupun dunia maya.

Ada banyak cara untuk menerapkan pemasaran dengan cara online, misalnya penjualan melalui situs online maupun social media yang bisa diakses oleh banyak orang.

Pahami Kebutuhan Konsumen
Produk dari suatu bisnis sangat tergantung pada banyaknya konsumen. Karenanya dengan konsumen yang banyak, maka angka penjualan akan meningkat secara otomatis, sehingga keuntungan menjadi maksimal, dan bisnis pun dapat berkembang lebih besar lagi. Oleh karena itu, pelaku bisnis harus memperhatikan kebutuhan konsumennya.

Baik itu dengan cara menciptakan produk yang beragam, meningkatkan kualitas, atau meningkatkan pelayanan. Pastikan produk atau jasa yang ingin dikembangkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Promosi
Untuk bisnis makanan dan minuman, promosi bisa dibuat dengan memberi harga diskon atau paket menu tertentu. Promosi yang tepat di tengah kondisi pandemik sebaiknya lebih gencar untuk layanan pesan antar. Promosi seperti free ongkir (ongkos kirim) bisa lebih bermanfaat.

Promosi pada bisnis fashion bisa diterapkan untuk barang-barang terlaris. Sebab, konsumen saat ini cenderung untuk membeli barang-barang yang paling penting. Prioritas untuk membeli pakaian dapat bergeser karena orang kini menghabiskan waktu di rumah.

Bisa juga kasih kupon atau gift card, bisa untuk belanja nanti-nanti pas butuh, Skema ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha mendapatkan aliran kas positif untuk membiayai sewa tempat, gaji karyawan, cicilan modal usaha, asuransi, stok bahan baku, dana perbaikan dan pengeluaran lainnya.

Gabung dengan Komunitas
Bergabung dengan komunitas UMKM membuat Anda memiliki banyak relasi, Anda juga bisa sharing atau belajar melalui komunitas tersebut. Komunitas ini bisa ditemukan di mana saja, baik di sekitar lingkungan Anda maupun melalui media sosial seperti Facebook, Telegram dan Instagram.

Carilah komunitas UMKM yang ramah, asik dan mau belajar bersama, sehingga Anda merasa terayomi dan termotivasi untuk terus bergerak dalam usaha UMKM ini. Pastikan komunitas yang Anda ikuti sesuai dengan bidang bisnis yang Anda jalani, agar Anda bisa konsisten dan mengetahui perkembangan produk tersebut.

Lakukan Analisis SWOT
SWOT merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity, and Threat. Situasi pandemi ini menjadi momen tepat untuk melakukan analisis SWOT. Anda bisa kembali melihat produk Anda dan menginventarisir apa kekurangannya dan kekuatannya? bagaimana dengan peluang yang ada? Apakah produk Anda bisa bersaing atau tidak? .

Dengan begitu, Anda bisa menciptakan produk UMKM yang bagus dan sesuai dengan pasar. Anda juga bisa mengikuti komunitas UMKM untuk terus berkembang.

Source Of Pandemi, ini Strategi Penjualan yang Efektif From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *