Pelatihan Pembuatan Video Animasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pola Pikir Pendidik PAUD di Masa Pandemi

2 min read

Pelatihan Pembuatan Video Animasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pola Pikir Pendidik PAUD di Masa Pandemi

Oleh: Salsabila khiyarotunnisa’

Dunia pendidikan saat ini tengah mendapatkan pengalaman yang sangat berharga, proses pendidikan yang biasa yang berpusat di sebuah gedung bernama sekolah, dengan adanya social distancing Covid-19 ini akhirnya proses belajar berpindah menjadi di dalam rumah-rumah siswa berbasis koneksi internet.

Ruang gerak menjadi sangat terbatas. Guru maupun murid jelas tidak memiliki kesiapan untuk menghadapi masa pandemi Covid-19 ini. Pembelajaran yang dilakukan dengan virtual atau jarak jauh, tentunya menjadi pengalaman yang berharga bagi pendidik untuk lebih meningkatkan pola fikirnya. Karna bermain merupakan hak mutlak anak usia dini, tentu saja pembelajaran virtual seperti sekarang ini menjadi tantangan bagi para pendidik PAUD. Guru PAUD harus mampu mengembangkan ide-ide untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan.

Ki Hajar Dewantara memiliki semboyan yang berbunyi Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Yang memiliki arti di depan, guru harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik, di tengah atau diantara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide, dari belakang, seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan (Abbdurrahman 2014). Dari semboyan Ki Hajar Dewantara tersebut, sudah jelas bahwa pendidik harus mampu menciptakan ide-ide baru untuk proses belajar mengajar.

Karena pendidiklah yang menentukan bagaimana proses pembelajaran akan terjadi. Guru yang kreatif merupakan guru yang selalu menciptakan ide-ide baru untuk menemukan berbagai macam karakter anak didiknya. Sehingga, guru tahu kelemahan dan kelebihan pada masing-masing anak didiknya. Hal inilah yang nantinya akan menciptakan proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Dengan terciptanya proses pembelajaran yang menyenangkan, anak akan lebih bersemangat dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

Jadi dari kondisi permasalahan kegiatan pembelajaran ditengah pandemi Covid-19 tersebut salah satu alternatif penyelesaian yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi, yaitu pendidik dapat berinovasi untuk menciptakan video video pembelajaran untuk anak usia dini sesuai tahap perkembangan anak dan kompetensi yang ingin dicapai. Dengan tema dan konsep yang berbeda setiap harinya, supaya anak didik tidak merasa bosan dan jenuh. Pendampingan kegiatan diharapkan dapat memberikan sosuli bagi siswa dalam memenuhi kebutuhan belajarnya pada saat ini.

La Hewi dan Linda Asnawati pada penelitiannya menyatakan bahwa peran orang tua sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar pada masa pandemi Covid-19 ini. Karna dalam pembelajaran jarak jauh, orang tualah yang akan mendampingi proses pembelajaran anak yang tetap menggunakan konsep bermain sambil belajar. Sedangkan pendidik berperan sebagai perencana kegiatan dan penilai hasil pembelajaran. Meskipun demikian, pendidik perlu meningkatkan pola pikirnya untuk terus berinovasi menciptakan ide pembelajaran yang tidak membosankan bagi anak maupun orang tua di rumah.

Kegiatan pelatihan pembuatan video animasi pembelajaran ini merupakan salah satu program kerja dalam pelaksanaan KKN MDR IPMAFA tahun 2021 yang bertujuan untuk membantu para guru dalam memanfaatkan gadgetnya dengan membuat video pemelajaran yang inovatif dan tidak membosankan untuk anak didik di setiap harinya.

Dariyatun dalam penelitiannya mengungkapkan bahwa pembelajaran jarak jauh memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah, pembelajaran dapat dilaksanakan secara jarak jauh, bersifat fleksibel, orang tua dapat melihat langsung perkembangan anak, guru dapat memantau kegiatan belajar peserta didik meskipun tidak bertatap muka, pendidik mampu mengembangkan pola pikirnya untuk menciptakan proses pembelajaran yang tidak membosankan.

(*)

Source Of Pelatihan Pembuatan Video Animasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pola Pikir Pendidik PAUD di Masa Pandemi From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *