Pembagian Tempat Cuci Tangan Oleh Mahasiswa KKN-IK Winong 01 Kabupaten Pati IAIN Kudus 2021

1 min read

Pembagian Tempat Cuci Tangan Oleh Mahasiswa KKN-IK Winong 01 Kabupaten Pati IAIN Kudus 2021

WINONG – PATINEWS.COM

Pada hari Senin tanggal 13 September 2021, dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ), Mahasiswa KKN-IK 2021 Winong 1 IAIN Kudus melaksanakan kegiatan pemasangan tempat cuci tangan secara gratis di pasar sapi Desa Botok dan di masjid As Syuhada’ Winong Kecamatan Winong kabupaten Pati.

Kami berjumlah 14 Mahasiswa yang bernama Siti Sholihatun Nur Aini, Resma Dicki Pratama, Nur Cokro Saputro, Yayuk Isndari, Dani Al Dalil, Refo  Zunaedi, Abdul Rohman, Hilma Khildatussyfa, Retno Ayuning tiyas, Ahmad Fitrianto, Yogie Setiawan, Fahrur Reza Qois Alqorni, Taufik Hidayat, Ahmad Hanany. Dan tentunya tak lupa juga bimbingan dari ibu Dosen Pembimbing Lapangan yaitu ibu Izah Ulya Qadam, M. Pd. I. Yang selalu mengarahkan kami dalam kegiatan apapun. Dalam pelaksanaannya dilakukan dari jam 11.00 – 12.00 WIB.

Tugas pemasangan tempat cuci tangan ini adalah tugas secara kelompok yang tentunya dalam pemasangan tempat cuci tangan kami selalu menerapkan protokol kesehatan yaitu 5M pada setiap anggota. Kegiatan dilakukan karena adanya kesadaran masyarakat khususnya di Kecamatan Winong yang kurang terhadap prokes.

Sesuai yang kita ketahui bahwa sampai  sekarang ini masih adanya pandemi COVID-19, dimana semua masyarakat dihimbau untuk melaksanakan prokes kesehatan yaitu 5M yang meliputi : Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Membatasi mobilitas. Salah satunya mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat yang dirasa penting dan rawan untuk diberi tempat cuci tangan di masa sekarang ini. Sebelum melaksanakan kegiatan ini, tentunya meminta izin kepada pihak yang terkait. Untuk dua tempat yang pilih yaitu, Pasar Hewan Mbotok dan Masjid Winong.

 

 

Di pasar hewan mbotok dipilih karena pastinya ada banyak orang yang memegang hewan ataupun yang lainnya, dan dan tidak menyadari bahwa hewan yang dipegang itu kotor. Bukan itu saja, tempat ini dipilih karena tidak ada tempat untuk mencuci tangan dan selalu menjaga kebersihan. mereka tidak peduli tentang prokes tersebut, dengan abainya terhadap prokes, bisa menyebabkan COVID-19 akan semakin banyak menyebar. Dalam pemasangan ini juga terdapat warga dan penjualan yang menyaksikan, dan merekapun meresponnya secara baik atau positif, bahkan ada juga yang mendukung karena minimnya tempat cuci tangan di situ.

 

Selanjutnya adalah pemasangan tempat cuci tangan di  Masjid As Syuhada’ Winong. Walaupun di setiap Masjid pastinya ada tempat untuk mencuci tangan, tapi masih dirasa kurang. Maka dari itu kami mempunyai ide untuk menaruh tempat cuci tangan di situ, selain itu kami sudah izin dengan pihak pengurus masjid mengenai pemasangan tempat cuci tangan tersebut dan pengurus masjid pun mengizinkannya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat bisa berhati-hati lagi karena mengingat banyaknya kasus covid-19, dan juga semoga bisa menjadi pembelajaran agar selalu mematuhi prokes. Selain itu kami dalam berkegiatan apapun selalu memposting dalam instagram khusus KKN yang nama akunya @kkn_winong1. Jadi intinya perbanyaklah berdoan dan jaga kesehatan yang dimulai dari kita sendiri.

Source Of Pembagian Tempat Cuci Tangan Oleh Mahasiswa KKN-IK Winong 01 Kabupaten Pati IAIN Kudus 2021 From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *