Pendidikan Anak Saat Belajar di Rumah Saat Pandemi

1 min read

Atasi Bosan Kuliah Daring di bulan Ramadhan

Penulis : Saya Nur Faizatul ulya, (Mahasiswi IPMAFA)

Pendidikan pertama anak adalah di lingkungan keluarga, karena anak di rumah selalu didampingi oleh orang tua. Mendapatkan bimbingan serta pendidikan bukan dari lingkungan sekitar rumah melainkan dari keluarga yang selalu mendampingi di rumah. Apalagi saat di era Covit-19 sekarang. Semua lembaga liburkan karena tidak boleh ada kerumunan di sekolah.

Pendidikan dalam lingkungan juga sangat penting bagi anak untuk melatih bermasyarakat. Pendidikan di dalam lingkungan keluarga menjadi orang tua sebagai pendidik utama untuk anak, memiliki salah satu proses dalam pendidikan informal, setiap keluarga juga memiliki proses dengan penghasilan output yang berbeda. (wahyu & sugito, 2021: 824)

Sekarang yang rendahnya pengetahuan dan pemahaman dalam keluarga, dalam kedudukan dan tanggung jawab mengenai pendidikan di rumah sangatlah kurang, dan kurangnya pengetahuan dan pemahaman orang tua disebabkan oleh kurangnya inisiatif orang tua untuk belajar guna mendukung pendidikan anak dalam keluarga. Tanpa orang tua sadari, sesungguhnya keluarga memiliki peran penting dalam pendidikan anak. Orang tua perlu ditingkatkan pengetahuannya mengenai cara mendidik anak agar berjalan dengan optimal. saat ini banyak orang tua yang belum mengetahuai era digital. Terkadang orang tua kesusahan untuk mengikuti era saat ini.

Di era digital sekarang ini, internet menjadi alternatif untuk mencari berbagai informasi secara global dari berbagai sumber yang dapat digunakan oleh orang tua. Saat ini kita ditutut untuk mengikuti perkembangan zaman salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital, dikarenakan di era saat ini, teknologi sangat dibutuhkan untuk mendukung pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19. Hampir semua lembaga melakukan pembelajaran daring dari dikalangan TK, SD, SMP, SMA, SMK maupun kuliah dilakukan secara online (daring).

Dalam lingkungan keluarga orang tua harus mendampingi anak-anak ketika melakukan pembelajaran daring. Karena jika tanpa pendampingan dikhawatirkan anak-anak akan menyalahgunakan internet untuk bermain game bukan belajar. Maka dari itu peran orang tua sangatah penting dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 saat ini.

DAFTAR PUSTAKA
Wahyu & sugito. “Pendidikan anak dalam keluarga era Covid-19”. Junal pendidikan anak usia dini. Vol. 05 issue 1 (2021)

Source Of Pendidikan Anak Saat Belajar di Rumah Saat Pandemi From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *