Perkuat Silaturahmi, KKN IK IAIN Kudus Adakan Aksi Moderasi Beragama se-Kecamatan Cluwak

1 min read

Perkuat Silaturahmi, KKN IK IAIN Kudus Adakan Aksi Moderasi Beragama se-Kecamatan Cluwak

CLUWAK, PATINEWS.COM 

Aksi Moderasi Beragama merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan dosen dan mahasiswa KKN IK IAIN Kudus Kecamatan Cluwak. Mengusung tema “Aksi Moderasi Beragama; Bersama Pemuda Lintas Iman se-Kecamatan Cluwak.” 

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dengan PAC IPNU IPPNU Kecamatan Cluwak, AREMA (Anggota Remaja Masjid) Darussalam Desa Ngablak, KM3 (Kawula Muda Metta Manggala) Desa Payak Barat, dan Pemuda GITJ Sari Kristus Desa Karangsari. Adapun Serangkaian kegiatan ini meliputi Literasi Moderasi, Bersih-bersih Tempat Ibadah dan Tanam Pohon sebagai simbolis perdamaian di tiga tempat ibadah tersebut.

Kegiatan ini diselenggarakan di tiga tempat ibadah yang berada di Kecamatan Cluwak, yaitu Masjid, Gereja dan Vihara. Vihara Metta Manggala yang berada di Desa Payak Barat-lah yang menjadi tempat terakhir dari Aksi Moderasi Beragama pada Minggu (26/09/2021). Yang sebelumnya kami telah melaksanakan kegiatan ini di Masjid Darussalam Desa Ngablak pada Minggu (19/09/2021) dan Gereja Sari Kristus Desa Karangsari pada Sabtu (25/09/2021).

Sesuai makna moderasi beragama yakni lebih condong  pada sikap menghindari keekstreman dalam cara pandang, sikap, dan praktik beragama. Dr. H. Abu Choir, M.A. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN IK IAIN Kudus Kecamatan Cluwak menanggapi bahwa kegiatan ini merupakan cara agar dapat menghindari sikap intoleran.

“Moderasi beragama sangat penting kita lakukakan terlebih sebagai warga Indonesia, karena Indonesia merupakan negara religius serta majemuk. Meskipun bukan negara berlandas pada agama tertentu, masyarakat Indonesia sangat lekat dengan kehidupan beragama, dengan diadakan kegiatan ini semoga kita saling menghargai dan menjaga terutama untuk generasi milenial,” tuturnya.

KKN IK IAIN Kudus Kecamatan Cluwak mengaplikasikan moderasi beragama secara aksi. Kegitan ini mendapat respon baik dari pemuda lintas iman se-Kecamatan Cluwak dan Suwardi selaku ketua umum Vihara Metta Manggala Desa Payak Barat.

”Secara pribadi dan institusi kami sangat mengapresiasi atas kegiatan aksi moderasi beragama yang luar biasa ini, terima kasih juga telah bersedia membersihkan tempat ibadah kami, yang paling berkesan dan unik adalah menanam pohon perdamaian. Semoga KKN-nya sukses dan tali persaudaraan kita tetap terjalin sampai kapan pun,” ujarnya.

Ketua Tim KKN IK IAIN Kudus Kecamatan Cluwak, Ahmad Ridwan. Berharap setelah diadakannya program kerja aksi moderasi beragama ini para partisipan selalu mengedepankan sikap moderat dan toleran.

“Kita sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain, dengan adanya kegiatan ini semoga kita selalu siap memberikan uluran tangan dengan tulus tanpa memandang perbedaan,” harapnya.

Untuk memperkua sikap moderasi beragama kita harus mewujudkan ketertiban dalam masyarakat beragama, mewujudkan kedamaian, ketentraman dan kesejahteraan umat beragama, serta dapat melindungi hak-hak pemeluk agama.

(*)

Source Of Perkuat Silaturahmi, KKN IK IAIN Kudus Adakan Aksi Moderasi Beragama se-Kecamatan Cluwak From all source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *